HARGA BBM TURUN Belum Berdampak Tarif Angkutan Umum dan Harga Sembako

_Tarif-Penyeberangan-RoRo-Bengkalis-Pakning-TurunBENGKALIS– Pasca penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) per 1April 2016 kemarin, sejauh ini belum berdampak terhadap penurunantarif transportasi dan harga kebutuhan pokok di Kabupaten Bengkalis.Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo)Kabupaten Bengkalis, H Ja’afar Arief membenarkan kalau pihaknya belum menurunkan tarif angkutan umum pasca pemerintah menurunkan harga BBM 1April 2016 kemarin.

“Seharusnya memang ada penyesuaian tarif pasca berlakunya harga BBMyang baru. Namun untuk melakukan penyesuaian tarif ini, harus menunggurapat dari Provinsi terlebih dulu,” ujar Ja’afar kepada wartawan, Rabu(6/4).

Dijelaskannya, untuk kebijakan penurunan tarif angkutan umum, DishubBengkalis hanya berwenang untuk tarif pelabuhan roro Bengkalis-Pakningdan angkutan kota di Duri. Sementara untuk tarif lainnya, sepertiangkutan keluar daerah kebijakan berada Dishub Provinsi.\

Ditambahkan Ja’far, adapun kisaran besaran penyesuaian tarif angkutanumum diperkirakan sekitar 3 persen. Namun pihaknya masih menungguundangan dari Provinsi untuk membahasnya. “Kemarin sudah dihubungipihak Provinsi. Kata mereka dalam waktu dekat akan diundang pertemuandi terkait penyesuaian tarif angkutan umum,” ujar Jaafar.Sama halnya dengan tarif transportasi, harga kebutuhan pokok sejauhini juga belum terjadi penurunan pasca turunnya harga BBM sejak 1April kemarin. Seperti diakui salah seorang ibu rumah tangga, Rianti(30), sampai saat ini harga sembako di pasar masih seperti biasa belumada penurunan.

“Hanya harga telur yang saat ini turun, itupun turun sebelum hargaBBM turun. Sebelumnya sempat mencapai Rp38.000 per papannya, sekarangturun menjadi Rp30.000 per papannya,” ungkap Rianti.Menyikapi belum turunnya harga sembako saat ini, DisperindagKabupaten Bengkalis memprediksi, hal ini bisa jadi disebabkan belumadanya penyesuaian tarif angkutan umum. “Hanya harga telur yangmengalami penurunan dari sebelumnya. Bisa jadi ini disebab produksitelur meningkat sehingga harga mengalami penurunan,” jelas KepalaBidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Bengkalis, Raja Erlinggakepada wartawan.Walau harga masih belum ada penurunan, menurut Raja, sejauh iniuntuk stok sembako masih tersedia dan diharapkan kepada distributoruntuk tetap menjaga stok guna mengantisipasi Ramadhan dan Lebaran yangtidak beberapa bulan lagi. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *