HARI KUSTA SEDUNIA: Sanitasi yang Buruk Jadi Kendala Besar Berantas Kusta

FAKTOR perilaku masyarakat menjadi salah satu kendala yang menyulitkan pemerintah dalam memberantas penyakit kusta. Maka, hingga kini jumlah penderita penyakit tua itu belum berhasil dielimininasi.

Dirjen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI dr HM Subuh MPPM mengatakan, permasalahan yang masih tampak nyata untuk memberantas kusta hingga kini yaitu kurangnya kebersihan sanitasi. Inilah yang memicu banyaknya penderita kusta di Indonesia.

“Sanitasi di beberapa daerah kebersihannya memang kurang, terutama mendapatkan akses air bersih,” ujar Subuh saat ditemui di Kantor Kementerian Kesehatan RI, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2017).

Kemudian masalah pengetahuan juga menjadi akumulasi dari suatu permasalahan sehingga membuat target eliminasi bebas kusta tahun 2019, menjadi sulit tercapai.

“Kita sudah identifikasi pengetahuan masyarakat harus menjadi satu hal yang kita tingkatkan. Karena dengan memberikan pengetahuan masyarakat, lebih mudah mencegah kasus kusta,” kata Subuh.

Sebagai informasi, sejak tahun 2000 hingga sekarang, pemerintah sudah mengidentifikasi kasus kusta dari 34 provinsi. Laporan menyatakan ada 20 provinsi yang baru berhasil dieliminasi.

(ndr/*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *