IKMI Bukit Batu Ingatkan MTQ Bukan Seremonial

22-ft sapri 2BUKITBATU — Pengurus Ikatan Keluarga Mesjid Indonesia (IKMI) Kecamatan Bukit Batu menyerukan kepada segenap pihak mulai dari desa – desa sampai kabupaten agar memaknai pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dengan lebih praktis.Karena jika tidak dimaknai maka terkadang helat religi MTQ tersebut hanya dijadikan Seremonial Belaka.

“Mari sama-sama kita memaknai pelaksanaan MTQ mulai dari Desa, Kecamatan, Kabupaten dan seterusnya sebagai ajang syiar Islam, dan motivasi untuk mengamalkan ajaran Al Quran,” tutur Sapri, S.Pd.I Ketua IKMI Kecamatan Bukit Batu, Jumat (22/1/2016).

Diutarakan Sapri yang juga Alumni Pondok Modern Nurul Hidayah Bantan Tua ini, bahwa sungguh sangat keliru apabila pelaksanaan MTQ hanya dipahami dari sisi kegiatan syiar keagamaan saja tanpa mampu memaknai lebih komprehensif akan nilai-nilai yang bermanfaat dalam kemaslahatan yang menyertainya.

“Sehingga kegiatan MTQ tidak hanya disikapi sebagai sebuah kegiatan rutinitas seremonial semata, tetapi akan mampu menjadi momentum strategis yang mewarnai perilaku masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai Al-Quran” tambah Sapri.

Lebih lanjut dikatakannya MTQ diharapkan mampu mempersiapkan generasi Qurani yang berkemampuan menerapkan gerakan dakwah Rahmatan Lil ‘Alamin, melakukan gerakan masyarakat magrib mengaji, agar setiap anggota keluarga mengaji setiap harinya. “Mari kita amalkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari, sehingga terbentuk pribadi dan masyarakat yang Qurani yang mendjadikan Al-Quran sebagi petunjuk hidup yang menyeluruh dan sempurna,” tutur Sapri mengakhiri.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *