Ilmuwan Abadikan Pembentukan Planet Alien

CALIFORNIA – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, astronom mampu mengobservasi kelahiran sebuah planet asing baru. Mereka berhasil memotret kelahiran sebuah exoplanet besar di sekitar bintang muda bernama LkCa 15 yang jaraknya 450 tahun cahaya dari Bumi.

“Ini sangat menyenangkan, karena untuk pertama kalinya kami mampu mengabadikan pembentukan sebuah planet secara langsung. Ini memberikan kami sebuah sistem untuk menindaklanjutinya lebih dalam di masa depan agar benar-benar mengetahui bagaimana setiap planet terbentuk,” ujar Stephen Sallum, pemimpin penelitian dari Universitas Arizona dikutip dari Space, Kamis (19/11/2015).

Sistem LkCa 15 berisi banyak sekali debu antariksa dan gas yang dikelilingi bintang-bintang seperti Matahari yang umurnya relatif muda yakni 2 juta tahun. Material seperti inilah yang membuat planet baru terbentuk.

Untuk mempelajari lebih lanjut, Sallum dan timnya akan menggunakan Large Binocular Telescop (LBT) yang mampu menangkap gambar besar dari Arizona. Penelitian ini memperlihat teknik baru dalam meneliti exoplanet.

“Pengertian tentang populasi planet muda seperti ini akan memberikan petunjuk untuk masalah yang telah kita alami selama berabad-abad tentang pembentukan exoplanet. Ini juga mengungkap bagaimana sistem planetari muda bisa berubah menjadi sistem yang lebih tua seperti yang terjadi pada sistem tata surya kita, miliaran setelah mereka dilahirkan,” tambah Zhaohuan Zhu dari Princeton University.
(kem/okz/dw)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *