Imlek, Pelabuhan Dumai Mengalami Peningkatan Jumlah Penumpang

DUMAI — Menjelang libur Tahun Baru Imlek 2568, jumlah penumpang yang berangkat dari Pelabuhan PT Pelindo Dumai rute domestik tujuan Selat Panjang dan Bengkalis mulai meningkat dibanding hari biasa.

Pengurus Kapal Dumai Expres PT Lestari Indomal Baharim Ayong menyebutkan jumlah penumpang naik menggunakan kapal feri meningkat ini hanya terjadi pada rute lokal, atau sejumlah daerah di Kabupaten Bengkalis dan Kepulauan Meranti Riau.

“Kita menambah satu kapal dibanding hari biasa untuk melayani penumpang berangkat ke selat panjang dan bengkalis,” kata Ayong seperti dikutip Antara, Jumat.

Disebutkan, sedangkan untuk rute internasional, atau beberapa kota di Negara Malaysia, yaitu, Port Klang, Malaka dan Port Dickson sejauh ini masih normal dan belum ada lonjakan penumpang.

Menghadapi pergantian tahun baru shio ayam ini, perusahaan jasa pelayaran penumpang laut dengan armada Dumai Express dan Dumai Line tersebut tidak ada melakukan persiapan khusus karena sudah rutin melayani transportasi masyarakat setiap hari.

“Penumpang arus mudik dalam perayaan imlek sepertinya tidak ada lonjakan tajam, hanya beberapa rute berangkat yang naik,” sebutnya.

Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia Kota Dumai Bambang mengatakan, perayaan Imlek 2017 akan dipusatkan di Klenteng Hock Liong Kiong Jalan Kelakap Tujuh dengan pertunjukan hiburan, undian, barongsai, lampion terbang dan kuliner.

Sedangkan untuk perayaan puncak jatuh pada hari kesembilan tanggal 5 Februari 2017, dan di Dumai akan diadakan pada hari keenam, bertepatan dengan ulang tahun Dewa Co Se Kong tanggal 2 Februari 2017.

“Kerukunan umat beragama harus dijaga, dan kita mengimbau warga tionghoa dumai untuk tidak memasang kembang api berlebihan,” katanya kepada wartawan.

(Sumber: Antarariau.com)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *