Indra: Riau Sudah Layak Dimekarkan Jadi 3 Provinsi

-Indra-Muchlis-Adnan-Lolos-Seleksi-Administrasi-Capim-KPKPEKANBARU– Langkah Badan Pekerja Pembentukan Provinsi Riau Pesisir (BP3-RP) menyerahkan berkas usulan Daerah Otonomi Baru (DOB), yakni Provinsi Riau Pesisir kepada pimpinan Komisi II DPR RI, HM Lukman Edy beberapa waktu lalu, didukung sepenuhnya mantan Bupati Indragiri Hilir (Inhil) dua periode (2003-2013), Dr H Indra Muchlis Adnan.

Bahkan, menurut Pakar Hukum Tata Negara ini, dari faktor historis dan melihat perkembangan saat ini, Provinsi Riau sudah sepantasnya dimekarkan menjadi 3 provinsi yakni Provinsi Riau, Provinsi Riau Pesisir dan Provinsi Indragiri.

“Agar kesejahteraan masyarakat terwujud, sudah selayaknya Riau ini dimekarkan menjadi 3 provinsi,” kata Indra seperti dikutip dari GoRiau.com, Jumat (1/4/2016).

Pemekaran daerah, lanjutnya, sebuah keniscayaan dan dipandang sebagai bentuk terobosan untuk mempercepat pembangunan melalui peningkatan kualitas dan kemudahan memperoleh pelayanan bagi masyarakat. Pemekaran daerah juga merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kemampuan pemerintah daerah dalam memperpendek rentang kendali, sehingga meningkatkan efektifitas penyelenggaraan pemerintah dan pengelolaan pembangunan.

riauPembentukan daerah otonom memang ditujukan untuk mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan dengan suatu lingkungan kerja yang ideal dalam berbagai dimensinya. Daerah otonom yang memiliki otonomi luas dan utuh diperuntukkan guna mencipta pemerintahan daerah yang lebih mampu mengoptimalkan pelayanan publik dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat lokal dalam skala yang lebih luas.

Dikatakan Indra, rekonstruksi pembentukan daerah otonom haruslah dilakukan melalui konsep community development, yaitu to improve the economic, social and cultural condition of communities, to integrate these communities into the life of nation, and to enable them to cotribute fully to national progress.

“Oleh karena itu, pemekaran daerah seharusnya didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan objektif yang bertujuan tercapainya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *