Ini Penyebab Mars Sempat Jadi Planet yang Bisa Dihuni

ini-penyebab-mars-sempat-jadi-planet-yang-bisa-dihuni-NuEslLXwEoCALIFORNIA – Planet Mars mungkin saja menjadi tempat yang mendukung kehidupan jika tidak terjadi ledakan besar-besaran pada 4 miliar tahun lalu. Ledakan itu terjadi akibat asteroid dan komet sebesar wilayah Virginia Barat menabrak Planet Merah hingga benar-benar mengubah keadaan lingkungan planet.

Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa pernah ada air yang mengalir di Mars. Hal ini sebagian besar disebabkan bukti lembah sungai, delta, dan bagian dari danau yang dapat ditemukan di planet ini. Meskipun kini, Mars berubah menjadi tempat yang relatif tandus dan dingin.

Dalam studi terbaru, peneliti percaya bahwa mereka mungkin telah menemukan apa yang mungkin telah membantu sedikit lebih memanaskan planet. Banyak aksi di Mars terjadi selama periode yang dikenal sebagai Late Heavy Bombardment. Ini terjadi sekira 3,9 miliar tahun yang lalu ketika tata surya berkembang menjadi sebuah galeri komet jatuh, asteroid, bulan, dan planet-planet.

“Studi ini menunjukkan pemboman kuno Mars oleh komet dan asteroid sangat bermanfaat bagi kehidupan di sana, jika hidup pernah hadir,” kata Stephen Mojzsis, seorang profesor di University of Colorado Boulder, Rabu (6/4/2016). “Tapi sampai sekarang kami tidak memiliki bukti kehidupan yang meyakinkan yang pernah ada di sana, jadi kami tidak tahu apakah awal Mars adalah wadah kehidupan atau surga bagi kehidupan.”

Untuk lebih mempelajarinya, para peneliti menggunakan Janus Supercomputer Cluster. Lebih khusus, mereka melihat suhu di bawah kawah individu untuk melihat lebih dekat pada pemanasan, pendinginan dan dampak di Mars dari sudut yang berbeda dan kecepatannya.

Peneliti kemudian menemukan bahwa tabrakan asteroid individu berlangsung hanya beberapa juta tahun sebelum Mars memiliki iklim dingin dan tidak ramah untuk dihuni manusia. Dengan kata lain, Mars sempat dapat dihuni dalam waktu singkat dengan iklim yang mungkin mampu mendukung kehidupan dan mungkin disebabkan air yang mengalir di planet ini.

(kem)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *