Inilah Rahasia Keberkahan dalam Hidup Rumah Tangga

berkahMENIKAH dan berumah tangga merupakan salah satu sunnah Rosul. Hidup berumah tangga merupakan ladang ibadah bagi setiap orang karena setiap amal baik yang dikerjakan bernilai ibadah dan membawa keberkahan jika dilakukan dengan ikhlas dan semata-mata untuk Allah SWT. Apa saja rahasia keberkahan dalam kehidupan berumah tangga?

Inilah Rahasia Keberkahan Dalam Kehidupan Rumah Tangga, Berikut Penjelasannya!
Islam telah mengajarkan kepada setiap umatnya untuk membina rumah tangga yang harmonis dan penuh kasih sayang karena di dalamnya terdapat keberkahan yang sangat besar. Kehidupan rumah tangga dalam Islam telah diatur dengan baik sehingga akan tercipta kehidupan yang harmonis dan tentram. Namun terkadang banyak sekali masalah yang harus dihadapi dalam kehidupan berumah tangga sehingga tak sedikit dari pasangan yang sudah menikah malah bertengkar hingga menimbulkan perceraian yang sangat dibenci Allah SWT.

Sebuah pernikahan merupakan amanat dari Allah SWT yang wajib dijaga dengan sebaik-baiknya, selain itu pernikahan juga merupakan sunnah Rosul bagi setiap umatnya. Dalam sebuah pernikahan terdapat banyak manfaat dan keberkahan serta merupakan ladang ibadah bagi yang menjalankannya.

Ada sebuah kisah yang menceritakan keberkahan rumah tangga yang dialami ibu rumah tangga dalam Islam, cerita ini merupakan cerita Halimah binti Harist yang menjadi ibu susu Nabi Muhammad. Halimah merupakan seorang istri yang berprofesi sebagai ibu susu yaitu memberikan susu kepada anak-anak dan mengajarkan mereka bersopan santun dan berperilaku baik. Pada hari itu wanita ini tidak mendapatkan anak susu dari orang kaya karena keledai yang ditungganginya lemah sehingga dia tertinggal dari teman-teman seprofesinya. Anak yang tersisa hanyalah Muhammad seorang anak yatim piatu, sehingga tidak ada yang mau mengambilnya karena tidak akan ada yang membayar ibu susu ini. Akhirnya Halimah membawa Muhammad dan suaminya pun mendukung keputusan istrinya itu meskipun tidak akan ada uang yang akan diperoleh mereka dari menyusui Muhammad.

Atas kebesaran Allah SWT, Halimah yang mulanya lemah menjadi sehat dan keledai yang ditungganginya menjadi sehat bahkan menghasilkan susu yang banyak. Melihat hal ini Halimah dan suami sangat senang karena niat baik yang mereka lakukan berbuah dengan kebaikan yang luar biasa.

Cerita ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa keberkahan dalam rumah tangga dapat muncul dari niat baik sang istri dan akan terwujud dengan dukungan sang suami. Ada kalanya jika istri memiliki niat baik untuk sesama maka suami harus mendukungnya selama tidak melenceng dari ajaran agama. Namun istri harus patuh terhadap semua perintah suami meskipun sang suami melarang akan niat baik istri untuk melakukan kebaikan. Semua keberkahan itu dapat diperoleh dengan adanya kerjasama dan saling dukung antar pasangan suami istri meskipun terkadang muncul masalah, namun masalah rumah tangga dalam Islam telah dijelaskan dengan detail beserta solusinya.

Seorang suami juga tidak meremehkan istrinya meskipun latar belakang pendidikannya rendah dan dari keluarga yang tidak sederajat dengan dirinya, begitupun sebaliknya. Seorang istri tidak boleh meremehkan suaminya meskipun penghasilannya sedikit dan tidak memiliki kedudukan yang tinggi dalam masyarakat. Suami merupakan imam dalam rumah tangga, jadi sudah menjadi kewajiban seorang istri harus mematuhi, menghormati, dan menyayanginya dengan tulus meskipun suami telah mengijinkan istrinya untuk berkarir dan memiliki penghasilan jauh diatas suaminya.

Demikian penjelasan seputar kehidupan berumah tangga dalam Islam dan inilah rahasia keberkahan dalam kehidupan rumah tangga yang dapat kita pelajari sebagai pedoman dalam hidup berumah tangga.

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *