Ironis, Gedung Sekolah SDN 011 Sudah Tak Layak Pakai

SDDUMAI–Sungguh ironis meski berada di kawasan perkotaan serta dekat dengan Dinas Pendidikan, masih saja ditemukan Sekolah yang kondisi gedungnya rusak berat bahkan sudah tidak layak pakai lagi ,seperti yang terlihat di SDN 011 Jalan Tenaga Kelurahan Dumai Kota.

Pantauan Dumai Pos, gedung kelas sekolah terlihat rusak berat seperti genteng yang bocor ,plafon yang genting, kursi ,lemari, wc / toilet yang jorok dan sebagainya.  Plt Kepala Sekolah SDN 011, Sabaryasam ketika dikonfirmasi mengatakan kerusakan gedung sekolah serta ruang belajar ini sudah terjadi sejak lama ,berbagai upaya pengajuan perbaikan ke pemerintah Kota melalui Dinas Pendidikan (Disdik ) Dumai sudah pernah dilakukan beberapa kali, namun hingga tidak direspon dengan baikbdari pihak tersebut.

“Usulan perbaikan ruang kelas sudah pernah kita ajukan ke Dinas ,namun respon hingga sekarang belum ada ,” kata Kepsek dengan wajah kecewa sembari menambahkan jika dinilai,kondisi kelas seperti ini sebenarnya sudah tidak layak lagi untuk proses belajar mengajar bagi siswa

Diterangkannya , SD 011 terdapat 8 kelas sebanyak 367 siswa dari kelas 1- 6 dengan 16 rombongan belajar.Dari 8 kelas tersebut hampir semuanya dalam kondisi rusak berat. Bayangkan saja ,dalam satu ruang digabung dengan beberapa komponen seperti ruang UKS tergabung dengan Kantin , perpustakaan dan mushalla.Begitu juga ruang guru antara ruang Kepsek hanya disekat dengan lemari sebagai pembataas. Bahkan peralatan proses mengajar masih seadanya ,kursi dan bangku belajar murid banyak rusak. Mirisnya lagi ,ketika hujan turun ruang kelas pada banjir karena atap genteng bocor.

Plt Kepsek , tahun 2013 pihak sekolah pernah menerima bantuan perbaikan kelas dari dinas pendidikan Provinsi namun kondisinya sekarangpun sudah rusak berat lantai keramik sudah pecah pecah, toilet rusak dan sebagainya. Dengan begini sangat diharapkan sekali perhatian dari pemerintah kota melalui dinas pendidikan. Agar segera mungkin melakukan perbaikan ,dan menambah ruang kelas untuk siswa .Sekarang ini kita memang kekurangan kelas untuk menampung 367 siswa ,akibatnya siswa terpaksa mengikuti proses belajar pagi dan sore. Mudah mudahan harapan kita dapat terealisasi secepatnya ,agar siswa dapat belajar dengan nyaman. (Dev)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *