Izin Penjualan Minuman Beralkohol Gol A ke Kementerian

miras1_15041543DUMAI— Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas perdagangan dan perindustrian ( Disperindag ) menyebutkan bahwa minuman beralkohol jenis golongan A izin penjualannya harus diurus langsung ke kementerian perdagangan.

Pasalnya daerah tidak memiliki wewenang untuk menerbitkan izin penjualan minuman beralkohol jenis Golongan A dengan kadar 1—5% seperti Tiger, Bir bintang , angker Bis dan sebagainya.

 

” Untuk Minol Golongan A izin penjualannya memang langsung kekementrian perdagangan sesuai instruksi pemerintah pusat ,berbeda dengan Minol jenis Golongan B dan C izin penjualannya bisa dikeluarkan oleh daerah “, sebut Kabid Perdagangan Kamaruddin ketika dikonfirmasi .

Akibat jauhnya tempat pengurusan izin Minol Gol A maka disaat Razia yang berlangsung beberapa hari lalu banyak pelaku usaha yang tidak dapat memperlihatkan izin penjualan Minol mereka ,sebab mereka tidak mengurus izin Kekementrian langsung. Padahal kepengurusan izinnya tidaklah sulit.

Alasan kepengurusan izin langsung Kementrian sebab Minol Gol A banyak diminati serta harga terjangkau sehingga peredaran penjualan izinnya pun diperketat.Berbeda dengan Minol Gol B dan C diminati oleh kalangan tertentu saja ditambah harganya cukup mahal.

“Minuman berlakohol golongan b dan C daerah miliki wewenang untuk menerbitkan izin penjualan dibeberapa tempat yakni bar, hotel dan restauran. Untuk Dumai sendiri hanya ada beberapa tempat seperti hotel Grand Zuri ,Comfort ,dan Superstar lalu untuk hiburan malam seperti Cristal dan Dinasti.Disperindag sepakat melindungi dan mempersepit peredaran minuman berlakohol diDumai ini.Prinsipnya mengatur peredaran supaya meminimalisir dampak negatif dari minuman beralkohol yang didapatkan secara mudah. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *