Kadisdik: UN Digelar Sesuai Jadwal

unDUMAI– Meskipun Provinsi Riau berbulan-bulan sempat diselimuti kabut asap dan sampai adanya wacana untuk penundaan jadwal pelaksanaan Ujian Nasionak (Unas) tahun 2016 ini, namun sepertinya tidak terjadi di Kota Dumai. Karena guru-guru telah berusaha keras memaksimalkan ketuntasan pelajaran peserta didik, sehingga pelajaran yang tertinggal semasa banyaknya libur tersebut berhasil dikejar. Oleh karena itu, Unas tetap digelar sebagaimana  8 3 Šjadwal POS Unas walaupun ada provinsi lain yang menunda.Ujian Nasional (Unas) akan digelar April 2016 mendatang. 

Berbagai persiapan menghadapi masa penentuan kelulusan itu telah dilaksanakan pihak sekolah. Dinas Pendidikan Kota Dumai memberi
kan apresiasi pada seluruh pihak atas bermacam upaya menjelang Unas, terutama sekolah, peserta didik juga para orangtua.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Dumai, Drs H Sya’ari MP menjelaskan rentang waktu lebih kurang 2,5 bulan ini kesiapan pelaksanaan Unas di Kota Dumai sepertinya tidak ada masalah berarti. Unas digelar secara CBT dan PBT baik jenjang SMA dan SMP sederajat sebagaimana petunjuk pemerintah pusat.

”Sejak awal semester, masing-masing sekolah telah memprioritaskan pembelajaran pada peserta didik yang akan mengikuti Unas tahun ini. Diantaranya mengadakan terobosan, belajar tambahan, mengulang pelajaran, menambah jam pelajaran, bimbingan belajar oleh guru mata pelajaran, melakukan bedah SKL dengan narasumber tim penyusun soal dari Jakarta serta try out minimal 4 kali baik dari MKKS ataupun Dinas Pendidikan. Semoga segala upaya yang dilakukan sejak dini tersebut dapat memberikan hasil terbaik bagi capaian prestasi nilai Unas Kota Dumai ditingkat Provinsi Riau nantinya,” ujar Sya’ari.

Lebih jauh, Kadisdik mengharapkan kerjasama dan dukungan para orangtua agar memperhatikan lebih serius dengan cara belajar anak serta aktifitas anak agar tidak keluyuran sehingga malas belajar atau banyak bermain. Sebaiknya para orangtua memantau perkembangan anak jelang Unas dilaksanakan nantinya, mengingat waktu yang sudah sangat sedikit sekali.

Pada tahun ini, pelaksanaan ujian CBT dilakukan oleh dua SMP dan untuk perdana akan digelar SMA yakni ada 4 SMA sederajat. Sedangkan perlengkapan yang diperlukan nantinya, sudah diupayakan pemenuhannya agar dalam pelaksaan nanti tidak menimbulkan kendala. Selain 6 sekolah itu, maka sekolah lainnya masih melaksanakan Unas dengan sisten PBT sebagaimana biasanya.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *