Kapolres Siak Teken MoU Bersama 17 Perusahaan Komitmen Cegah Karhutla

21-ft rian 21- Kapolres Siak AKBP Ino Harianto SIK didampingi Bupati Siak Drs H. Syamsuar MSi serta Wakil Bupati Siak Drs H. Alfredi MSi menandatangi MOu bersama 17 perusahaan yang terdapat di KabupatenSIAK- Komitmen dalam memberantas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Siak, Pihak Kepolisian Polres Siak bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Siak merangkul 17 perusahaan dalam rangka mencegah terjadi bencana kebakaran yang menimpa Provinsi Riau khususnya Kabupaten Siak hampir setiap tahunnya.

Bentuk komitmen pencegahan karhutla itu ketika Kapolres Siak AKBP Ino Harianto SIK menandatangani MOu bersama puluhan perusahaan yang terdapat di Kabupaten Siak Kamis (21/1) di Gedung Tengku Mahratu yang disaksikan oleh Bupati, Wakil Bupati serta seluruh unsur Forkompinda Kabupaten Siak.

Adapun sejumlah perusahaan yang dirangkul dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla yakni, PT. BNI, PT. Bank Riau Kepri, PT. Guna Agung Semesta, PT. KITB, PT. Siak Pertambangan Energi, PT. BRI, PT. Bank mandiri, PT. Rimba Mandau Lestari, PT. Duta Swakarya Indah, PT. Gelora Sawita Makmur, PT. Kimia Tirta Utama, Swastisidi Amagra, Mutiara Unggul Lestari yang ikut berpartisipasi mencegah terjadi karhutla di wilayah Kabupaten Siak.

Kapolres Siak AKBP Ino Harianto SIK menyampaikan, penandatangan Mou tersebut merupakan bentuk komitmen bersama baik itu Pemerintah, Polri maupun pihak perusahaan dengan tujuan utama yakni memberantas terjadinya karhutla khususnya di Kabupaten Siak.

“Sebagaimana yang disampaikan Presiden RI terkait Karhutla yang diprediksikan pada Februari mendatang memasuki musim kemarau yang mengindikasi terjadinya kebaksaran terutama hutan dan lahan, kita berkomitmen dan bertindak cepat untuk mengantisipasi terjadinya bencana tersebut,” ucap Kapolres dalam kegiatan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan di Gedung Tengku Mahrani Kamis (21/1).

Dijelaskan Kapolres, adapun isi kerjasama yang dilakukan dengan beberapa pihak perusahaan yang terdapat di Kabupaten Siak yakni berbagai kegiatan prefentif dan preemtif guna mencegah terjadi Karlahut.

“Selain itu kita juga mencanangkan membentuk bloking kalan dan embung, guna mengantisipasi cikal bakal terjadinya karhutla ketika memasuki pemusim kemaran awal Februari mendatang,” tukas AKBP Ino Harianto.

Namun demikian Kapolres Siak juga mengharapkan, perusahaan untuk peka terhadap lingkungan areal perusahaan, dengan melengkapi peralatan pemadam kebakaran sehingga apabila terjadinya kebakaran dapat diantisipasi dengan cepat dan tidak menyebar luas.(*/FR)

 

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *