KATA DISHUB ADA BEKING, Sulit Tindak Truk Lebihi Tonase

31truk muatan lebih2DUMAI— Truk yang melebihi tonase seperti truk beras, truk pupuk termasuk CPO dan lainnya masih kerap melintasi beberapa ruas Jalan di Kota Dumai seperti Jalan Soekarno Hatta, Jalan Putri Tujuh, Bukit Kapur dan titik lainnya. Kondisi tersebut tentu saja sangat-sangat dikhawatirkan pengguna jalan mengingat kapasitas muatan yang diangkut truk itu bisa berbahaya bagi orang lain.

Menanggapi kondisi tersebut, Kepala Dinas Perhubungan melalui Kabid Dallops Marjohan mengaku kesulitan untuk mengawasi truk-truk tersebut. Sebab Sumber Daya Manusia ( SDM) yang tersedia dianggap masih kurang, ditambah sarana dan prasarana tak lagi memadai. ” Kita punya SDM terbatas dan mobil Patroli 1 unit bagaimana mengawasi seluruh ruas jalan.” katanya

Selain itu, banyak tantangan lain yang musti dihadapi Dishub ketika melaksanakan penertiban angkutan itu, yakni masalah internal dan ekstrenal. Kalau disisi internal, jumlah SDM serta fasilitas mobil patroli masih kurang, ditambah faktor lain. Sedangkan disisi ekstrenal banyak pihak berkepentingan yang membeking truk tersebut.

”Alhasil, untuk mengambil tindakan tegas tidaklah semudah kita berbicara. Saya tidak bisa menyebutkan pihak-pihak mana saja yang membeking truk tersebut ,” ungkapnya

Menurut Marjohan, sudah berapa banyak truk lebihi tonase yang tak layak jalan kita tindak, namun karena pihak tersebut memiliki kekuatan sehingga petugas kita kesulitan menindak tegas.
Kondisi ini ditegaskan ia, bukan berarti saya ada menerima uang sepeserpun dari pihak atau perusahaan, supaya truk tersebut bebas lalu lalang di Dumai dengan muatan over kapasitas. Terakhir, kendati begitu saya sudah memerintahkan petugas untuk gencar patroli dilapangan . ”Untuk diketahui Dinas Perhubungan sudah beberapa kali mengedarkan surat tentang kapasitas muatan, namun tetap tidak diacuhkan,” sebutnya.  (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *