Kecamatan Rupat Dinilai Layak Dimekarkan

rupatBENGKALIS- Selain tiga kecamatan baru yang akan segera
didefinitifkan, Bupati Bengkalis juga diminta mempertimbangkan usulan untuk melakukan pemekaran di kecamatan Rupat (Selatan,red). Karena kecamatan Rupat dinilai sudah layak untuk dimekarkan sehingga menjadi tiga kecamatan di Pulau Rupat.

Pendapat tersebut dilontarkan anggota DPRD Bengkalis asal Rupat Nurazmi Hasyim ST, Senin (2/5). Ia menilai, selain tiga kecamatan baru yang akan segera didefinitifkan, kecamatan Rupat yang sekarang beribukota di Kelurahan Batu Panjang juga didesak masuk dalam skala prioritas pemekaran kecamatan di Kabupaten Bengkalis kedepannya.

“Pulau Rupat ini cukup luas, namun hanya terdiri dari dua kecamatan yaitu Rupat (Selatan,red) dan Rupat Utara. Karena bakal
didefinitifkannya tiga kecamatan baru, maka tidak ada salahnya pemekaran kecamatan Rupat juga menjadi prioritas, mengingat luas
wilayah serta rentang kendali,”papar Nurazmi.

Politisi Partai Demokrat tersebut mengemukakan bahwa di Kecamatan Rupat saat ini terdapat 16 desa dengan 4 kelurahan. Totalnya ada 20 daerah adiminstratif dan sudah memenuhi persyaratan untuk dilakukan pemekaran, dan bagian tata pemerintahan diharapkan segera memulai proses usulan pemekaran tersebut.

“Untuk pemekaran kecamatan Rupat, dapat dibagi dua dimana kecamatan pemekaran baru berada di tengah Pulau Rupat yang meliputi 10 desa. Selain factor geografis, potensi ekonomi Pulau Rupat juga menjadi pendorong supaya ada wilayah administrative baru dengan membagi dua kecamatan Rupat,”pungkas Nurazmi. Seperti diberitakan sebelumnya, dalam waktu dekat, Kabupaten
Bengkalis dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1956 tentang pembentukan Daerah Otonomi Kabupaten dalam Lingkungan Daerah Provinsi Sumatera Tengah, akan bertambah tiga kecamatan lagi. Ketiga kecamatan itu, Bandar Laksamana (pemekaran Kecamatan Bukit Batu), Bathin Solapan (Mandau), dan Talang Muandau (Pinggir).

“Insya Allah, dalam waktu dekat ketiga kecamatan tersebut akan kita defenitifkan. Saat ini kita masih menunggu kode kecamatan dari
Pemerintah Pusat, dari Kementerian Dalam Negeri. Kalau sudah keluar, segera kita resmikan,” ujar Amril kepada wartawan beberapa hari lalu.

Selain itu ada dua lagi kecamatan yang akan kembali dimekarkan. Yaitu Bengkalis dan Bantan. Tujuannya untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat dan jalanannya roda pemerintahan. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *