KEMBALIKAN KEJAYAAN KOTA IKAN Pangdam Bukit Barisan ke Bagansiapiapi

ROHILBAGANSIAPIAPI-Pangdam Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI Lodewyk Pusung menegaskan keberadaan Makodim di Rohil bisa membantu pemerintah dalam menyelesaikan masalah yang terjadi sesuai tugas dang fungsi prajurit TNI,dirinya juga bwertekad akan mengembalikan kejayaan Kabupaten Rokan hilir khususnya Bagansiapiapi sebagai penghasil ikan terbesar nomor 2 dunia,untuk mewujudkan keinginan tersebut dirinya telah berkordinasi dengan orang nomor satu di negeri seribu kubah.

“Saya udah cerita dengan pak Bupati keiniginan beliau untuk mengembalikan kejayaan Rohil sebagai penghasil ikan terbesar di dunia,”terang Mayjen TNI Lodewyk Pusung kepada sejumlah awak media saat peresmian makodim senin (22/2) di Bagansiapiapi.

Namun dirinya juga menegaskan untuk mewujudkan impian tersebut harus di dukung semua pihak yang berkepentingan untuk mewujudkannya,selain itu Pangdam juga berpesan kepada jajarannya jangan ada oknum TNI yang bermain atau membeking pihak tertentu misalnya dalam hal menjual dan melakukan kegiatan Illegal Fishing ke luar negeri.

“Jika ada oknum Babinsa saya yang bermain tolong ingatkan, kalau tak bisa juga saya yang akan turun langsung ke Rohil ini dan langsung melakukan pemecatan,” tegasnya.

Untuk mewujudkan keseriusan beliau,Pangdam TNI Pusung juga tak sungkan membacakan nomor handphonenya kemasyarakat dan meminta seluruh hadirin untuk mencatat. “Catat nomor saya ini, kalau ada informasi Sms saja dan saya akan langsung tindak lanjuti. Apalagi terkait kinerja Babinsa mauun perwira TNI dan bagi saya yang tak disiplin akan langsung dipecat,” katanya menegaskan.

Selain itu Pangdam juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Rohil yang telah membangunkan Makodim sehingga keinginan setiap Kabupaten dan Kota memiliki Kodim terpenuhi. “Pak Bupati kita ini luar biasa, kita dari TNI sangat bersyukur ada kepala daerah yang membuatkan kantor yang lengkap untuk prajurit kita disini,”katanya.

Makodim 0321 Rokan Hilir dilengkapi dengan Rumah Dinas Dandim, Rumah Dinas Kasdim, Barak Parjurit serta diberikan 1 Unit Mobil Dinas Polisi Militer (PM). “Ini mobil cocoknya untuk Pangdam, masih baru dan memang dikususkan untuk Kodim. Bahkan dalam waktu dekat juga akan ditambah dnegan lokasi latihan tembak untuk prajurit Kodim Rokan Hilir.

Bahkan kepedulian Pemkab rohil kepada TNI juga luar biasa, salah satunya membangunkan Kantor Koramil Pembantu di Tanjung Medan. “Saya saja tak sampai kepikiran kesana. Pak Bupati malah memikirkan sampai jauh untuk membantu Danramil kita agar kerjanya bisa terbantu dengan membuat pos pembantu,” katanya.

“Ini sangat luar biasa besar, saya belum lama ini meresmikan Kodim di Kalimantan jauh lebih kecil dibanding Makodim Rohil ini.” kata Pangdam. Bahkan ia melihat cocoknya bangunan ini diperuntukan untuk Korem karena megah dengan lahan yang luas. Bahkan saat ini hanya disedikan lahan 2 hektare dan akan kembali ditambah menjadi 10 hektare.

Komandan Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0321 Rokan Hilir diresmikan Pangdam Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI Lodewyk Pusung. Gedung Kodim serba Hijau ini berdiri megah di Kawasan Perkantoran Batu Enam. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti serta pelepasan tirai serta pemotongan pita, Senin (22/2) pagi.

Persmian disaksikan oleh Plt Gubernur Riau H Aryadjuliandi Rahman, Danrem 031/WB, Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto, Bupati rohil H Suyatno, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0321/Rohil Letkol Arh Bambang Sukiswo, Bupati Rohil H Suyatno. Juga Tampak Hadir Wakil Ketua DPRD Riau, Wakol Bupati Siak, Alfedri, Sekda Bengkalis Burhanuddin serta Forkopimda Riau dan Rokan Hilir.
Sementara itu Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman mengatakan, ia memberikan apresiasi kepada Bupati Rokan Hilir. “Kusus untuk pak Suyatno saya berikan apresiasi. Ini salah satu kemajuan yang peat meksipun sudah lama direncanakan,” kata Arsyadjuliandi Rahman. Ia juga menegaskan saat ini sudah terdapat 7 Kodim di Kabupatn dan Kota di Rau dengan demikian masih ada 5 Kabupaten lagi.

“Dalam waktu dekat Siak akan menyusul, hal ini agar tujuannya setiap Kodim bisa lebih fokus misalnya dalam hal penanganan Karlahut biar lebih maksimal,” katanya.

Sementara Bupati Rohil H Suyatno mengatakan, keberadaan Kodim 0321 Rohil ini sebuah kebanggaan bagi masyarakat Rokan Hilir untuk lebih merasa aman. “Ini sudah lama diimpikan oleh masyarakat kita. Semoga saja bisa bermanfaat dan kita lebih aman,” katanya.

Pemkab juga menghibahkan secara resmi kepada TNI untuk untuk Makodim ini. “Saya bisik-bisik dengan pak Pangdam, katanya harus 10 hektare dan kita akan bicarakan dengan Legislatif untuk mewujudkannya,” kata Bupati. Ia juga meminta agar TNI bisa memberikan kontribusi untuk Rokan Hilir kedepannya.

Ia juga bercerita beratnya tugas Danramil Tanah Putih, membawahi 5 Kecamatan sehingga Pemkab berinisitaif untuk membangun Kantor Koramil pembantu,sementara keberadaan Pos Pembantu ini sangat penting mengingat Tanjung Medan berdekatan dengan wilayah perbatasan dengan Rokan Hulu dan Sumatra Utara. Usai peresmian Pangdam, Plt Gubri dan tamu undangan lainnya dibawa meninjau ruangan di Kantor Kodim Rokan Hilir

“Kita sudah bangun dan saat ini masih dalam proses. Mudah-mudahan kweberadaannya bisa lebih mengintensifkan tugas Koramil. Kalau Prajurit yang ditempatkan nanti terserah pak Danrem dan Dandim siapa yang ditempatkan disana,”terang Bupati Suyatno.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *