Ketua APBMI Riau Kesalkan Sikap KSOP Dumai

pelabuhanDUMAI — Ketua Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Riau sangat menyesalkan sikap KSOP Dumai terkait pemberian rekomendasi izin operasi kepelabuhanan baru tanpa memperdulikan UU Nomor 17 Tahun 2008 dan Peranturan Menteri berkaitan dengan kegiatan kepelabuhanan.

“Ini tidak benar, kalau KSOP harus memberikan rekomendasi kepelabuhanan baru dengan tidak memperdulikan peranan asosiasi kepelabuhanan,” ungkap Ahmad Jony Marzainur kepada sejumlah wartawan, Selasa (27/9).

Seharusnya kata mantan Ketua FKPPI Dumai ini, KSOP Dumai harus taat pada konsensus sehingga tidak akan muncul polemik seperti sekarang ini. ”Kalau seperti ini, kami merasa tidak dihargai sebagai asosiasi kepelabuhanan,” sebutnya.

Dijelaskan Jony lagi, polemik ini bermula ketika terbitnya pemberian rekomendasi kepada perusahan bongkar muat milik perusahaan besar Sinar Mas. Yaitu, terbitnya SIUP Perusahaan Bongkar Muat (PBM) atas rekomendasi dari KSOP Dumai tanpa mendapatkan konsultasi dari APBMI. Selain itu, APBMI juga menyesalkan rekomendasi yang diberikan berkaitan dengan pengoperasian sebuah perusahaan yang katanya BUP sudah mendapatkan izin dari kepala kantor perhubungan Provinsi Riau. ”Ini artinya, KSOP mengadu domba antara kami asosiasi dengan pemko. Jadi tolonglah kami dihargai,” tegasnya. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *