Kinerja Kemenpora Predikat CC, Imam Nahrawi Meradang ….

imam nahrowiJAKARTA – Tim Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mendatangi anak buah Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi terkait hasil evaluasi kinerja kementerian/lembaga yang dikeluarkan Kementerian PAN-RB. Kemenpora tidak terima dengan nilai dan predikat Kementerian Pemuda dan Olahraga hasil evaluasi Kementerian PAN-RB.

“Untuk menghindari kesalahpamahan dan kegaduhan politik, pihak Kemenpora RI pada Selasa (5/1/2016) telah bersilaturahim ke Kantor KemenPAN-RB untuk meminta penjelasan lebih detail terkait dasar hukum, parameter dan proses atas evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang telah dilakukan oleh Kemen PAN-RB, khususnya Kemenpora RI,” dalam keterangan tertulis dari Kemenpora yang ditandatangani Kepala Biro Humas, Hukum dan Kepegawaian Kemenpora, Djunaidi, yang diterima Sindonews, Selasa 5 Januari 2016 malam.

Dalam kunjungan itu delegasi Kemenpora dipimpin Sesmenpora Dr Alfitra Salam, didampingi Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Gatot S Dewa Broto, Inspektur Syaiful Rakhmat Hasibuan dan Staf Khusus Menpora Bidang Kepemudaan Zainul Munasichin. Delegasi Kemenpora diterima oleh Sekretaris Men PAN-RB Dwi Wahyu Atmadji, dan Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Yusuf Ateh.

Dalam keterangannya, Kemenpora berpendapat nilai yang diberikan oleh KemenPAN-RB masih belum sepadan dengan langkah-langkah perubahan tata kelola yang sungguh-sungguh sudah dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dalam kurun waktu satu tahun terakhir ini. Salah satunya adalah membuka ruang publik seluas-luasnya untuk ikut terlibat dalam memutuskan kebijakan pemerintah dalam bidang kepemudaan dan olahraga. (Baca: Ini Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Kementerian/Lembaga)

Hasil evaluasi KemenPAN-RB dalam Surat Kemen PAN-RB Nomor: B/3971/M.PANRB/12/2015, perihal Hasil Evaluasi atas Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah tersebut diterima oleh Kemenpora RI pada tanggal 16 Desember 2015, menunjukkan Kemenpora memperoleh nilai 53,54 pada tahun 2015 dan menyandang predikat CC. Nilai ini mengalami kenaikan dibandingkan Tahun 2014 sebesar 53,18.

Dengan predikat ini, Kemen PAN-RB menyimpulkan Akuntabilitas Kinerja Kemenpora sudah menunjukkan hasil yang memadai, namun masih memerlukan perbaikan. Kenaikan nilai akuntabilitas Kemenpora ini salah satunya ditopang oleh naiknya parameter capaian kinerja Kemenpora dari 8,88 ke angka 10,44. (Baca: Hasil Evaluasi Akuntabilitas Jadi Parameter Kinerja Kementerian). (hyk/okz/*FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *