Lama Pacaran, Rawan Bercerai Setelah Menikah

FULLRIAU.COM — Banyak pasangan yang masa berpacarannya sangat lama, namun bercerai setelah menikah. Bahkan usia pernikahannya lebih singkat dibanding masa pacarannya.

Dikutip dari Liputan6.com yang melansir dari Brightside, berikut sejumlah penyebab pasangan berpacaran lama, namun cepat bercerai setelah menikah:

  1. Komitmen Tak Berlanjut

Banyak cara dilakukan seseorang untuk membuat pasangannya merasa spesial. Sayangnya, setelah menikah, komitmen ini tak berlanjut.

Sikap tak saling menghargai ini akan bermuara pada berakhirnya ikatan pernikahan.

  1. Tak Lagi Spesial

Berdasarkan studi yang dipublikasi Journal of Personality and Social Psychology, pasangan yang menunjukkan ketertarikan secara berlebihan saat berpacaran, cenderung cepat berpisah setelah menikah.

Sebab, perhatian berlebihan membuat salah satu pasangan menumbuhkan ekspektasi yang tak bisa dipenuhi setiap saat. Segala macam perhatian pun terkesan tak lagi spesial karena terlalu sering diberikan.

  1. Ternyata Bukan Cinta

Pasangan tak bisa membedakan cinta dan semata nyaman. Keraguan ini membuat kebanyakan orang setelah menikah menyadari bahwa mereka tak benar-benar jatuh cinta.

  1. Kebutuhan Berubah

Kebutuhan orang sangat mungkin berubah seiring perjalanan waktu. Bila pasangan tak bisa tumbuh bersama, maka nantinya akan lebih fokus pada diri masing-masing.

  1. Hanya Ingin Status

Dorongan sosial atau hal lainnya bisa membuat seseorang kadang salah menakar waktu yang tepat untuk menikah, apalagi sudah pacaran sekian lama. Hanya karena emosi semata, pernikahan yang sudah dilalui akhirnya disesali.

  1. Merasa Sangat Tahu

Lamanya masa pacaran, membuat orang merasa sangat tahu tentang pasangannya, sehingga melupakan bahwa dalam pernikahan dibutuhkan komunikasi yang intens.***

sumber: liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *