Lambung Muatan Kapal Tongkang Koyak, CPO Tumpah Kelaut Dumai

11-ft angga4DUMAI -Kapal tongkang mengangkut Culd Palm Oil (CPO) dari Kalimantan menuju Dumai milik perusahaan PT Wilmar Group Pelintung Dumai bocor dan merembes ke laut. Kejadian ketahui saat kapal berada diperairan Bengkalis ketika akan dibawa ke Dumai, Selasa (9/2) sore.

Lambung kapal disebelah kiri koyak sehingga minyak tak henti-henti keluar dari lambung disepanjang menuju dibawa ke Dermaga PT Wilmar, Pelintung Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, Provinsi Riau. Selanjutnya, pihak perusahaan berupaya memindahkan CPO didalam kapal ke tangki sementara minyak masih mengalir kelaut dari lambung kapal

Humas PT Wilmar Group, Marwan membenarkan terjadinya kapal yang mengangkut CPO yang berasal dari Kalimantan. Namun saat pihak perusahaan mengetahui kejadian tersebut langsung memasang safety Oil Bom di keliling kapal dan dermaga untuk mencegah CPO tersebut meyebar.

“Kita sudah berkordinasi bersama pihak KLH, KSOP dan polisi air Polres Dumai, untuk penyebab hal tersebut belum diketahui secara pasti, apakah kapal menabrak karang atau faktor lain.”ujarnya.

Kapal tongkang membawa sebanyak 4000Ton CPO sementara untuk jumlah yang terbuang belum diketahui dan hingga saat ini pihak perusahaan masih mengusut dan melakukan investigasi

Dilanjutkan Marwan, untuk jumlah kerugian belum dapat dipastikan, namun perihal tersebut sudah ditangani proses penyidikan lebih lanjut dari pihak Kepolisian. Apakah ada dugaan faktor sengaja atau kecelakaan nanti akan di terangkan pihaknya.

Informasi yang diperoleh Dumai Pos, warga yang mengetahui kejadian tersebut berbondng-bondong untuk mengutip CPO yang merembes ke laut dan di Sungai Kemeli Kecil-Sungai Kemeli Besar. Ada juga yang datang dengan mengunakan kapal motor untuk mengambil CPO yang menebar di laut.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Dumai, Bambang Surianto ST juga menjelaskan pihaknya sudah melakukan peninjauan di perusahaan PT Wilmar pada saat kejadian kemarin. Sebelumnya, KLH sudah mendapat Laporan dari Wilmar terkait adanya tumpahan minyak yang berasal dari Kapal Insan 3.

“Kami sudah melihat langsung dilaut dengan mengunakan kapal Pol air, dari jarak 5 Mil dari darat ada terlihat bercak minyak CPO di laut, namum kita sudah meminta kepada Pihak Perusahaan untuk segera melakukan pembenahan dan sterilkan kembali cpo yang berada di laut.”pungkas Bambang.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *