Lomba Kreativitas Anak TK Kasmarni: Manfaatkan Usia Emas Anak

fotobersamaBENGKALIS- Dalam mengembangkan pendidikan usia dini, tidak hanya dibebankan pada lembaga pendidikan usia dini, namun butuh peran aktif dan kepedulian semua pihak. Perlu adanya langkah-langkah konkrit, untuk membangun karakter anak-anak sebagai penerus bangsa, dari semua stakeholder yang ada. Karena, masa depan anak akan bergantung dari bagaimana kita merawat dan mendidiknya sejak usia dini.

Hal tersebut ditegaskan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Bengkalis, Kasmarni Amril saat menghadiri pembukaan lomba kreativtas anak-anak TK se-Kabupaten Bengkalis, Rabu (26/10) di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut.

Dijelaskan istri Bupati Bengkalis ini, usia dini dengan rentang usia 0-6 tahun merupakan periode emas bagi perkembangan anak dalam memperoleh proses pendidikan. Periode ini merupakan tahun-tahun berharga bagi seorang anak untuk mengenali berbagai macam fakta di lingkungannya.

“Perkembangan yang diperoleh pada periode ini, berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya, hingga masa dewasa. Untuk itu PAUD dalam bentuk pemberian rangsangan dari lingkungan terdekat sangat diperlukan guna mengoptimalkan kemampuan anak”, jelasnya.

Dihadapan puluhan guru-guru TK se-Kabupaten Bengkalis, Kasmarni juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para guru TK maupun PAUD. karena mengemban tugas sebagai guru bagi anak-anak usia emas tersebut.

Dikatakannya, mengajar pada anak-anak pada usia dini seperti menulis diatas batu atau kertas kosong yang belum dicorat-coret. Hal ini dikarenakan ilmu apapun yang diajarkan di usia belia akan diserap dan bertahan dalam ingatan mereka.

 “Oleh karena itu, guru TK atau PAUD sebagai salah satu faktor penting dalam pendidikan diharapkan mampu mendidik anak didik, bukan hanya cerdas intelektual, namun juga memiliki keimanan yang baik”, harapnya.

Diketahui, lomba kreativitas anak-anak TK se-Kabupaten Bengkalis yang ditaja Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis ini diikuti 104 peserta. Lomba yang dipertandingkan adalah tari kreasi, lomba baca puisi dan lomba baca doa pendek.

Kegiatan yang semula dijadwalkan di Lapangan Tugu ini dibuka secara resmi oleh Bupati Bengkalis, juga dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah, H Arianto, Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Edi Sakura, dan sejumlah kepala SKPD lingkup Pemkab Bengkalis. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *