Longsor Jalinsum, Arus Lalin Padang-Solok Putus 2 Jam

longsorPADANG – Tingginya curah hujan di Kota Padang, Sumatera Barat sejak empat hari lalu membuat perbukitan di sekitar Jalan Lintas Sumatera (Jalisum) di Kilometer 29 dari Kota Padang, longsor. Peristiwa ini memutus akses Padang menuju Kabupaten Solok.

“Kejadian longsor tersebut pada pukul 10.30 WIB, longsor juga pernah terjadi di lokasi yang sama. Akibat dari longsor tersebut terjadi kemacetan dua kilometer dari Padang-Solok dan sebaliknya,” kata Wali Nagari Barus, Kabupaten Solok, Syamsul Azwar, Minggu (16/10/2016).

Longsoran perbukitan membuat jalan tertimbun dan kendaraan tidak bisa menembus jalan tersebut. Sementara Kasiop Basarnas Padang Asnedi menjelaskan, hingga pukul 12.30 WIB jalan sudah bisa dilewati dengan cara buka tutup yang dikawal oleh polisi.

“Kondisi di lokasi kejadian hujan lebat, jalan sudah bisa dilewati dengan cara buka tutup,” ucapnya.

Jalan Padang-Solok memang lokasi rawan longsor sebab daerahnya perbukitan. Sementara kondisi jalannya merupakan tanjakan tajam. Kalau cuaca hujan sangat berbahaya melintasi daerah itu.

Kalaksan BPBD dan Pemadam Kebakaran Kota Padang, Rudi Rinaldy meminta warga agar meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem kali ini. “Kita harapkan warga waspada, menjauhi sungai, pohon besar, baliho, dan kawasa perbukitan, serta tidak beraktifitas di luar rumah,” imbau Rudi.

(ris/okz)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *