MAN Dumai Teken MoU dengan Bank Sampah

sampah2DUMAI — Madrasah Aliyan Negeri (MAN) Dumai semakin menunjukkan progres yang menggembirakan dalam pengelolaan sampah. Langkah-langkah strategis pun dilakukan dalam upaya proses penilaian Adiwiyata tingkat Kota Dumai, yaitu dengan dilaksanakannya Penandatangan Nota Kesepakatan Kerjasama (Memorandum of Understanding/ MoU) antara MAN Dumai dengan Bank Sampah Dumai selaku perpanjangan tangan Komunitas Inspitasi Dumai, Jumat, 2 September 2016

Kepala Sekolah MAN Dumai, Januariza, MPDi dihadapan Tim Adiwiyata dan Seluruh Majelis Guru yang menyaksikan penandatanganan Mou mengatakan upaya ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan memasuki tahap baru, dengan adanya penilaian sekolah bersih berwawasan lingkungan menjadi tantangan agar berupaya menjadi sekolah terbaik dengan guru-guru terbaik pula di Kota ini. Mari kita sukseskan secara bersama-sama. ”Sekolah Adiwiyata merupakan pengembangan pendidikan berkarakter untuk anak bangsa. Secara langsung kita akan mendidik Siswa untuk Cinta Lingkungan, cinta Alam dan Berwawasan Lingkungan,” ungkapnya.

Penandatangan MoU ini merupakan wujud dari salah satu misi kita membangun bangsa dengan cara kita. Didalam MoU kita menyepakati jenis dan bentuk kegiatan yang dikerja samakan diantaranya program Pengelolaan Lingkungan, meliputi : Pembuatan pembibitan/ persemaian untuk taman sekolah, Pengelolaan ruang terbuka sekolah (Tamanisasi), Pembuatan Apotek Hidup, Pengelolaan & Pemisahan sampah organik/ non organik. Kedua, rogram Pelatihan, meliputi : Pelatihan Pembuatan kompos, Pelatihan Budidaya Tanaman, Pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari sampah.” Yang ketiga adalah Seminar Pendidikan, meliputi : Seminar motivasi pendidikan, Penyuluhan pelestarian lingkungan hidup, dan Seminar Kewirausahaan,” papar Harry Indrawan, SP, MM dan Azmi Muhammad, ST, M.Sc

Hadir dalam kegiatan penandatangan MoU Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Dumai, Bambang Surianto, ST yang diwakili oleh Hj Lestary Fitriany ST ME selaku KaBid Pengendalian Kualitas Lingkungan Hidup KLH Dumai.

“Saat ini Pemerintah Kota Dumai melalui Kantor Lingkungan Hidup sedang berupaya mewujudkan perolehan Adipura. Sebagai salah satu indikator penilaian bahwa Kota Dumai layak mendapatkan penghargaan Adipura, adalah sudah tertibnya tata kelola pengelolaan lingkungan hidup dikota Dumai. Sekolah-sekolah di Kota Dumai sudah harus banyak yang memperoleh predikat Adiwiyata, Sampah-sampah juga sudah dikelola se-optimal mungkin,” ungkapnya. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *