Marc Marquez Tanpa Ampun di Brno

FULLRIAU.COM – Marc Marquez tak memberikan kesempatan sama sekali untuk para rivalnya mendekat di MotoGP Republik Ceko. Dia menguasai balapan dari start hingga finis.

Start MotoGP Republik Ceko di sirkuit Brno, Minggu (4/8/2019) malam WIB sempat ditunda akibat kondisi lintasan yang basah. Hujan memang sempat mengguyur sebelum balapan kelas primer dipanggungkan.

Race Direction menunda start selama sekitar 40 menit, dengan menerapkan prosedur Quick Start. Beruntung hujan tak turun dalam periode tersebut dan kondisi trek meningkat.

Setelah sighting lap dan putaran pemanasan, balapan pun dimulai. Marquez melakukan start dengan baik dan langsung ditempel Andrea Dovizioso yang melesat ke posisi dua.

Posisi ini dalam perjalanannya tak berubah hingga balapan tuntas. Sementara di perebutan posisi tiga, Rins yang sempat menguasai sejak putaran ketiga kehilangan podium setelah disalip Jack Miller di lap ke-19.

Sementara itu balapan buruk dijalani Maverick Vinales, yang sebelumnya juara di Belanda dan jadi runner-up di Jerman. Rider Monster Energy Yamaha ini harus puas finis di posisi 10, setelah sempat tercecer ke posisi 15.

Tiga pebalap gagal finis di seri ini: Hafizh Syahrin, Franco Morbidelli, dan Joan Mir.

Jalannya Balapan

Marc Marquez mempertahankan posisi terdepan selepas start, dengan Andrea Dovizioso melesat ke posisi dua. Jack Miller, Alex Rins, Pol Espargaro, dan Valentino Rossi di posisi 3-6.

Joan Mir dan Franco Morbidelli sudah terjatuh sebelum putaran pertama tuntas. Sementara Maverick Vinales tercecer di urutan 15.

Memasuki putaran ketiga, empat pebalap terdepan yakni Marquez, Dovizioso, Miller, dan Rins memecah dari kerumunan pebalap di belakang. Rins pada prosesnya berhasil menyalip Miller untuk posisi tiga, sementara Cal Crutchlow melewati Danilo Petrucci dan merebut posisi tujuh.

Rossi berhasil melewati Pol Espargaro di putaran kelima. Langkahnya diikuti Crutchlow tak lama berselang. Quartararo ada di urutan delapan, disusul Petrucci dan Takaaki Nakagami.

Di putaran kedelapan, Crutchlow merebut posisi lima dari Rossi di tikungan ketiga. Sementara Marquez masih memimpin dengan tangguh, disusul Dovizioso, Rins, dan Miller.

Marquez terus membuka jarak dengan Dovizioso, unggul hingga 0,7 di putaran ke-12. Tapi kemudian pebalap Repsol Honda itu nyaris terjatuh di tikungan sembilan!

Nyaris jatuh tak membuat Marquez mengendurkan lajunya. Ia terus tancap gas hingga unggul 2,2 detik atas Dovizioso di putaran ke-14. Kecuali terjadi insiden, sulit buat Marquez untuk tak memenangi seri ini.

Lima putaran tersisa, Marquez memimpin atas Dovizioso, Rins, Miller, dan Crutchlow. Rossi di urutan enam, diikuti Quartararo, Petrucci, Pol Espargaro, dan Nakagami. Vinales masih di posisi 12.

Posisi tak mengalami perubahan hingga memasuki putaran 18. Rins membuat kesalahan yang membuatnya ditempel oleh Miller. Di putaran berikutnya, Miller mencoba menyalip tapi kemudian melebar, sehingga kembali dilewati Rins.

Miller akhirnya benar-benar menyalip Rins tak lama kemudian dan membuka jarak cukup untuk mengamankan posisi. Marquez tak melakukan kesalahan sampai melintasi gairs finis, disusul Dovizioso.

Miller melengkapi podium. Rins, Crutchlow, Rossi, dan Quartararo di posisi 4-7. Petrucci, Nakagami, dan Vinales ada di 10 besar.
(fr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *