Menang di MK, Syamsuar Kembali Pimpin Kabupaten Siak

menang-di-mk-syamsuar-kembali-pimpin-kabupaten-siak-z6rXDXwxduPEKANBARU – Syamsuar kembali memimpin Kabupaten Siak, Riau setelah pasangan Syamsuar dan Alfedri menang dalam sengketa pemilihan kepala daerah (pilkada) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Terpilihnya pasangan Syamsuar-Alfedri menjadi Bupati dan Wakil Bupati Siak, Selasa (19/1/2016), setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Siak melakukan rapat pleno terbuka.

Dalam sidang pleno yang digelar di Kantor KPU Siak, hadir Ketua KPU Siak Agus Salim bersama empat anggotanya.

Agus Salim menyatakan, penetapan pasangan Syamsuar-Alfedri sebagai pemenang dalam Pilkada Siak 9 Desember 2015 setelah mendapat surat putusan dari MK kemarin.

“Dalam putusan itu, MK menolak gugatan pasangan Suhartono-Syahrul,” ucap Agus Salim.

Dengan adanya putusan dari MK terkait sengketa pilkada, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 11 Tahun 2015 Pasal 54 Ayat 6, KPU harus melantik pemenang pilkada.

“Karena itu, dengan ini memutuskan pasangan Syamsuar-Alfedri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Siak untuk 5 tahun kedepan,” ucapnya.

Pada pilkada serentak 9 Desember 2015, pasangan petahana Syamsuar-Alfedri memperoleh 98.826 suara atau 59,60 persen. Lawannya pasangan calon Suhartono-Syahrul hanya meraih 66.977 atau 40,40 persen. Pasangan yang diusung Partai Golkar dan sejumlah partai koalisi ini menyapu bersih delapan kecamatan yang ada di Siak.(erh/okz)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *