Mengenal Chunyun, Tradisi Mudik Terbesar di Dunia

SEBENTAR  lagi penduduk China akan melakukan mudik massal atau ‘Chunyun’ dalam menyambut Tahun Baru Imlek. Inilah tradisi mudik terbesar di dunia!

Otoritas setempat memperkirakan adanya 2,5 miliar perjalanan darat selama mudik yang dikenal dengan ‘Chunyun’ ini. Lebih dari itu, tak kurang dari total jarak yang ditempuh adalah 1,2 miliar kilometer. Atau setara dengan perjalanan dari Bumi ke Saturnus. Wow!

Dilansir detikTravel dari CNN Travel, Minggu (15/1/2017), Chunyun atau yang dikenal sebagai Festival Tahun Baru Musim Semi China adalah acara manusia terbesar seantero bumi.

Dalam tujuh hari Tahun Baru Imlek saja, China berharap pengeluaran yang dihabiskan lebih dari USD 100 miliar hanya untuk makan dan belanja. Jumlah itu hampir dua kali lipat pengeluaran penduduk Amerika Serikat dalam pembelajaan saat acara Thanksgiving.

Pembelian tiket kereta api pun akan melonjak tajam secara online, yakni pada tingkat lebih dari 1.000 per detik. Itulah kehebohan negeri tirai bambu saat ‘Chunyun’.

Tahun Ayam kali ini, diperkirakan adanya wisatawan untuk membuat 2,5 miliar perjalanan melalui darat, 356 juta dengan kereta api, 58 juta dengan pesawat, dan 43 juta oleh laut selama periode 40-har. Periode mudik ini dimulai pada 13 Januari sampai 21 Februari.

Hitungan rerata perjalanan individu pada tahun lalu berkisar pada angka 410 kilometer. Sehingga jumlah total perjalanan diperkirakan akan mencapai 1,2 miliar kilometer atau 745.000.000 mil. Panjangnya akan setara dengan delapan kali jarak dari Bumi ke Matahari atau perjalanan menaiki roket ke Saturnus.

Pertumbuhan pada tahun ini sebesar 2,2%, itulah yang dikatakan oleh Dewan Negara Republik Rakyat Cina. Karena sebagian besar penduduk pesisir timur China akan mengunjungi kerabatnya di daerah pedesaan pedalaman. (msl/rdy)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *