MENJUAL, LAPORKAN SAJA! Bubuk Abate Diberikan Gratis

FAISALSKMDUMAI–Dinas Kesehatan Kota Dumai melalui Kepala Dinas, H Paizal SKM MARS secara tegas mengatakan bahwa bubuk abate tidak pernah dijual belikan dengan kata lain diberikan secara gratis. ”Kami sudah sering mengatakan bahwa bubuk abate tidak pernah diperjual belikan, masyarakat bisa memperolehnya secara gratis,”ujarnya ketika dikonfirmasi terkait adanya keluhan warga mengenai adanya yang menjual bubuk abate.

Jika masyarakat menginginkan bubuk abate, bisa diperoleh di Puskesmas, Pustu maupun Bidan Desa, bahkan dibeberapa kegiatan kerap dibagikan.Namun jika masih saja ada oknum nakal yang menjualnya, Masyarakat bisa melaporkan hal tersebut ke Ketua RT, karena Dinkes beserta jajarannya akan menyurati Ketua RT perihal masalah ini sehingga tidak ada masyarakat yang dirugikan atas ulah oknum tersebut.

Secara terpisah, Kabid P2PL Dinkes, Romauli Tambunan SKM juga menuturkan hal yang sama bahwasanya bubuk abate diberikan secara gratis, tidak dipungut biaya mengingat bubuk abate ini merupakan item penting dalam pencegahan penyakit DBD.

”Karena untuk mencegah penyakit DBD masyarakat harus melakukan 3 M Plus yakni menguras tempat penampungan air, menutup penampungan air, menimbun barang-barang bekas yang dapat menampung air plus menaburkan bubuk abate,”terangnya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat waspada dan jangan cepat percaya dengan seseorang yang mengaku dari sebuah instansi. “Apalagi ujung-ujungnya meminta kita untuk menebus atau membeli sesuatu yang dimilikinya,” ujar Wanita yang akrab disapa Roma ini mengingatkan.

Dijelaskannya, peran serta aparat RT, kelurahan dan kecamatan sangat diperlukan untuk membantu masyarakat agar jangan sampai menjadi korban penipuan.  ”Jika hal ini menimpa warga segera lapor ke pihak yang berwenang (RT, pihak kepolisian, ataupun pihak Dinas kesehatan-red). saran dari kami sebelum membeli produk tanyakan terlebih dahulu asal usul penjual dan surat izin dari pihak terkait,”pungkasnya. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *