Menlu Iran: Kami Punya Kejutan untuk Donald Trump

KUALA LUMPUR – Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran, Mohammad Javad Zarif, mengaku tidak khawatir jika Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Donald Trump memilih negosiasi ulang atau bahkan membatalkan kesepakatan nuklir. Ia menyatakan Iran sudah bersiap dan memiliki pilihan sendiri jika Donald Trump benar-benar membatalkan kesepakatan.

“Apa pun yang dia lakukan kepada kesepakatan nuklir Iran, kita tidak akan takut karena punya opsi tersendiri. Tetapi, kami yakin sangat penting bagi semua pihak untuk mematuhinya. Lebih penting lagi, itu adalah kesepakatan internasional, bukan kesepakatan bilateral antara Iran dengan AS,” tegas Javad Zarif di sela-sela KTM OKI di Kuala Lumpur, Malaysia, seperti dimuat ABC News, Jumat (20/1/2017).

Sebagaimana diberitakan, kesepakatan nuklir tercapai pada Juli 2015 lewat skema perundingan antara Iran dengan enam negara kuat di dunia, yakni AS, Rusia, China, Inggris, Prancis, dan Jerman di Wina, Austria. Iran diwajibkan mengurangi program nuklir mereka dengan imbalan pencabutan sanksi ekonomi PBB.

Ketika ditanya apa yang akan dilakukan Iran jika pemerintahan Donald Trump mengabaikan kesepakatan tersebut, Zarif menjawab, “Presiden Trump senang dengan kejutan dan kami akan membuatnya terkejut.” Saat dicecar mengenai kejutan seperti apa, Javad Zarif hanya tertawa sembari menyatakan bukan kejutan namanya jika diberi tahu terlebih dahulu.

Donald Trump yang akan dilantik pada Jumat (20/1/2017) siang waktu setempat di Washington, beberapa kali mengkritik kesepakatan nuklir Iran. Pria berusia 70 tahun itu dalam kampanyenya berjanji untuk meninggalkan, mencabut, atau menegosiasikan ulang kesepakatan nuklir yang disebutnya terburuk itu.

PBB, Uni Eropa, dan pihak-pihak berkepentingan lain dalam kesepakatan tersebut telah menyatakan dukungannya pada posisi Iran. Dalam rapat terbatas Dewan Keamanan PBB pada Rabu 18 Januari 2017, kesepakatan tersebut dinyatakan tetap berlaku dan harus dipertahankan untuk mencegah Teheran mengembangkan senjata nuklir.

(war/okz)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *