Meriah! Ratusan Peserta Ikuti Perkemahan Besar Pramuka HUT Pertamina RU II

XSCHOOLDUMAI — Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Dumai, Drs H Amiruddin MM secara resmi membuka kegiatan ‘Perkemahan Besar Pramuka’ sempena memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Pertamina, Sabtu-Ahad (26-27/12) di Bumi Perkemahan Pramuka Bukit Datuk, Gugus Depan 07.005-07.006 Kota Dumai.Pembukaan Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) dihelat dalam upacara dengan pembina Ketua Kwarcab Kota Dumai yang ditandai pelepasan burung ke udara dan penyematan tanda peserta. Dihadiri oleh perwakilan Pertamia RU II Edward, Ketua PWP Eda Afdal dan anggota, Kwaran, pembina pendamping, Gudep se-Kwarcab Kota Dumai dan sekitarnya, Ketua Kwaran Dumai Selatan sekaligus Ketua Gudep 07.005-07.006 Bukit Datuk H Amrizal SST serta seluruh panitia pelaksana.

Ketua Kwarcab Kota Dumai, Drs H Amiruddin MM menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan atas digelarnya perkemahan dalam memeriahkan HUT Pertamina tahun 2015 ini sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap pembinaan generasi muda dalam pengembangan kepramukaan di Kota Dumai.

”Saya berharap pramuka lebih kreatif, mandiri, disiplin dan berinovatif dalam mengembangkan dirinya. Kwarcab dan Pemko Dumai sangat mendukung sekali kegiatan pramuka dengan tersedianya bumi perkemahan di Bagan Besar dan fasilitas yang ada bisa dimanfaat untuk kegiatan pramuka di Kota Dumai,” ujar Amiruddin yang juga Kadisnakertrans Kota Dumai.

Mewakili Manajemen Pertamina RU II Dumai, Edward mengatakan sudah 58 tahun usia Pertamina dan banyak sumbangsing telah diberikan untuk membangun semua sektortermasuk pembinaan generasi muda melalui pramuka. Selain perkemahan ini, banyak kegiatan lain dalam memeriahkan HUT Pertamina seperti bakti sosial, pendidikan, donor darah dan lain-lain.”Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian pihak perusahaan dalam pembinaan generasi muda untuk kemajuan masyarakat Kota Dumai khususnya. Mudah-mudahan segala yang diupayakan ini dapat berguna bagi generasi muda dimasa mendatang,” harap Edward.

Senada itu kegiatan perkemahan ini juga didukung sepenuhnya oleh Ketua Persatuan Wanita Patra (PWP) Kota Dumai, Eda Afdal. Istri GM Pertamina RU II Dumai ini memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan perkemahan serta menyambut positif perkembangan kegiatan kepramukaan yang berada dilingkungan operasional perusahaan. ”Moga kedepan lebih baik dan makin sukses,” ujar Eda Afdal.

Panitia pelaksana Ketua Gugus Depan (Gudep) 07.005-07.006 Kota Dumai, H Amrizal SST mengatakan Perkemahan Besar Pramuka dalam rangka memeriahkan HUT Pertamina setiap tahunnya diadakan bagi pramuka penggalang dan penegak se-Kwarcab Kota Dumai. Kegiatan ini sebagai wujud perhatian dan kepedulian Pertamina untuk membina generasi muda melalui gerakan pramuka. Tahun ini dengan tema ‘inspirasi bagi Pertamina dan gerakan pramuka menuju Indonesia mendunia’ serta motto ‘satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan’.

”Selama ini Gudep 07.005-07.006 Bukit Datuk sudah menjalin kerjasama sangat baik dengan Kwarcab dan Kwaran se-Kota Dumai. Alhamdulillah, kegiatan tersebut setiap tahun kita laksanakan untuk memeriahkan HUT Pertamina dengan berbagai perlombaan. Diantaranya lomba PBB, teknik kepramukaan, pentas seni dan hiking berasal dari 21 pangkalan gugusdepan berjumlah 499 peserta yang didukung panitia 31 pembina dan 47 pramuka penegak,” jelasnya.

Lebih jauh Amrizal menyebutkan tujuan perkemahan untuk memupuk rasapersahabatan, persaudaraan, persatuan dan perdamaian, membina dan mengembangkan sikap teguh, disiplin, mandiri, peduli dan bertanggung jawab, membangun jiwa patriotisme dan nasionalisme dan membangun rasa cinta alam. Amrizal menambahkan pada 21 Februari 2016 mendatang juga akan digelar kegiatan sempena HUT Baden Powell berupa Bazar Siaga Besar se-Kota Dumai.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *