MotoGP 2020: Quartararo Tak Tersentuh, Rossi Vinales Habis-habisan

Pebalap yang dijuluki The Doctor

FULLRIAU.COM – Fabio Quartararo yang start dari pole position berhasil menyempurnakan dominasinya di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada MotoGP Andalusia 2020. Start terdepan, pebalap Perancis ini juga berhasil finis duluan. Kemenangan ini diraih cukup mudah. Quartararo langsung melesat meninggalkan para rivalnya di belakang.

Duo Monster Yamaha MotoGP, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, saling bersaing ketat sambil mengejar Quartararo. Podium kedua sukses diraih Vinales, setelah mampu menyalip Rossi sesaat sebelum lap terakhir. The Doctor pun harus puas di podium ketiga, namun setidaknya Rossi masih membuktikan diri bisa naik podium.

Soal pemilihan ban, ketiga Yamaha M1 tersebut sama-sama menggunakan ban depan hard dan ban belakang soft. Baca juga: Quartararo Tetap Bisa Pole Position Meski Motor Tak Nyaman Dari mulai lepas start, tiga pebalap Yamaha berada di depan. Quartararo memimpin, diikuti Vinales dan Rossi. Vinales melebar di tikungan akhir lap pertama, memberi kesempatan pada Rossi untuk masuk.

Kali ini, Rossi sedikit lebih cepat dari rekan setimnya tersebut. Pebalap yang dijuluki The Doctor ini pandai untuk menutup semua kemungkinan dan menahan laju Vinales. Posisi Vinales terus merosot.

Selain Yamaha, ada dua pebalap Ducati tercepat yang kali ini diwakili oleh tim satelit, yakni Jack Miller dan Francesco “Pecco” Bagnaia. Keduanya berhasil mengalahkan para pebalap tim pabrikan Ducati. Miller sempat memberikan tekanan pada Vinales dengan mencoba untuk menyalip.

Tapi, malah melebar dan dilewati oleh rekan setimnya yang biasa dipanggil Pecco. Sayangnya, Miller terjatuh saat balapan tersisa 15 lap lagi di tikungan 9. Pecco yang merupakan anak didik Rossi di VR46 Academy juga berhasil menyalip Vinales. Saat balapan tersisa 14 lap, Pecco menyusul Rossi dan berhasil menyalipnya. Bahkan, Rossi juga mendapat tekanan dari murid lainnya, yakni Franco Morbidelli. Rossi selamat dari tekanan yang diberikan Morbidelli. Calon rekan setimnya tersebut mengalami masalah teknis (engine failure).

Kesempatan bagi Vinales untuk naik lagi ke posisi keempat untuk mengejar Rossi ketika balapan tersisa 7 lap lagi. Keduanya kembali bersaing ketat untuk memperebutkan posisi ketiga. Performa Vinales terlihat lebih baik dibanding Rossi. Tapi, Rossi mampu menutup semua celah agar tidak disalip. Beruntung bagi kedua pebalap pabrikan Yamaha itu, karena Pecco juga mengalami engine failure. Rossi dan Vinales pun finis di urutan kedua dan ketiga.

Hasil MotoGP GP Andalusia 1 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1) 2 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) 3 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) 4 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 5 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 6 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20) 7 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16) 8 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) 9 Johann Zarco FRA Reale Avintia Ducati (GP19) 10 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 11 Tito Rabat SPA Reale Avintia Ducati (GP19) 12 Bradley Smith GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 13 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20) Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) Brad Binder RSA Red Bull KTM Factory (RC16) Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20) Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20) Aleix Espargaro ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16) Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16). (FR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *