Mubes DOB Kubu, Nama Kabupaten Kubu Pesisir Babussalam Ditetapkan

oketimes_Sayrifuddin--Pemekaran-Rokan-Hilir-Butuh-PertimbanganKUBA — Pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Eks Kubu yang dilaksanakan di lapangan stadion mini Rantau Panjang Kiri Kecamatan Kubu Babussalam (Kuba), Minggu (15/5)berjalan dengan lancar.

Para masyarakat dan tokoh masyarakat yang tergabung dalam tujuh kecamatan tampak antusias menghadiri Mubes ini. Peserta Mubespun membludak. Dari 2.500 kursi undangan yang disiapkan tampak kekurangan. Panitia, terpaksa menambah 500 kursi lagi.

Tujuh kecamatan yang akan tergabung dalam pembentukan DOB Kabupaten Eks Kubu ini diantaranya, Kecamatan Kubu, Kubu Babussalam, Pasir Limau Kapas, Simpang Kanan, Bagan Sinembah, Bagan Sinembah Raya dan Kecamatan Balai jaya. Semuanya, terdiri dari 75 desa dan kelurahan.

Turut hadir dalam mubes ini, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Lukman Edi, Tokoh Nasional Rusli Efendi, Tokoh Riau  Badar Ali Madjid, Anggota DPRD Riau Firdaus, 25 orang Anggota DPRD Rohil, tokoh masyarakat tujuh kecamatan serta beberapa datuk penghulu dan persatuan mahasiswa Rohil.

Dengan banyaknya hadir Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) itu, menunjukkan bahwa proses pembentukan DOB Kabupaten Eks Kubu nantinya akan menjadi mudah kerena telah mendaPat dukungan dari legislatif. Ditambah lagi, adanya dukungan DPRD Riau dan DPR RI, Lukman Edi.

Selain itu, para BPK beberapa kepenghuluan, secara terang-terangan juga telah menyampaikan dukungannya melalui spanduk yang mereka pajang disekeliling stadion ini. Para organisasi mahasiswa, organisasi masyarakat juga turut menyampaikan dukungannya untuk membentuk DOB Kabupaten Eks Kubu.

Salah satu inisiator pemekaran Kabupaten Eks Kubu yang juga Wakil Ketua DPRD Rohil, Drs Syarifuddin MM dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih atas kehadiran dan dukungan Lukman Edi dalam pembentukan DOB ini.

“Atas kehadiran Lukman Edi, masyarakat menjadi merasa terobati. JauH-jauh Lukman Edi datang kesini bertekad bulat untuk pembentukan Kabupaten Eks Kubu, ” jelas Politisi PKB ini.

Sementara itu Lukman Edi dalam arahannya menyampaikan dukungan sepenuhnya untuk menjadikan Kabupaten Eks Kubu. Selain itu, dari potensi yang dimiliki Kabupaten Eks Kubu, sangat mendukung untuk dijadikan sebuah DOB.

“Masyarakat Tujuh kecamatan yang tergabung ini tolong satukan niat dan tekad. Bahsanya harus satu bahwa Kubu harus mekar jadi kabupaten,” tegasnya.

Untuk itu, dia meminta usai pelaksanaan mubes ini, agar para panitia Pembentukan DOB Kabupaten Eks Kubu bisa segera mempersiapkan rekomendasinya untuk bisa segera disampaikan ke pemerintah pusat.

“Kami Komisi II yang ditugasi untuk mengesahkan pemekaran, Palu sidang di komisi II DPR RI. Nama Kabupaten dan Ibu Kota silahkan usulkan, biar pusat yang menentukan,”tegasnya.

Dari hasil Mubes yang berlangsung hingga malam hari ini, Panitia Mubes menetapkan nama kabupaten tujuh kecamatan itu menjadi Kabupaten Kubu Pesisir Babussalam dengan ibu kota ditempatkan di Rantau Benuang Kecamatan Kubu.

“Untuk radius beberapa kilo meter, Rantau Benuang ditetapkan menjadi Ibu Kota Kabupaten Kubu Pesisir Babussalam. Langkah selanjutnya, struktur badan pekerja pembentukan DOB Kubu Pesisir Babussalam yang diketuai oleh H Syafruddin MM, akan mengusulkan semua hasil mubes untuk bisa direkomendasikan ke Pusat,” jelasnya. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *