Nilai DPD Tak Efektif.Apa Motivasi Cak Imin?

nilai-dpd-tak-efektif-pengamat-apa-motivasi-cak-imin-m7M2VNcUo9JAKARTA – Sekretaris Jenderal Himpunan Masyarakat untuk Kemanusiaan dan Keadilan (Humanika), Sya’roni menilai wacana pembubaran Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang disampaikan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) kecil sekali kemungkinan akan terjadi.

“Pembentukan DPD merupakan amanat konstitusi. Kalau mau membubarkan DPD maka harus mengamendemen UUD 1945 terlebih dahulu. Jadi sangat kecil sekali kemungkinan itu akan terjadi,” kata Sya’roni

Lalu, sambung dia, untuk mengamendemen UUD 1945 tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sekedar diketahui, DPD sudah sedari dulu mengusulkan amandemen untuk memperkuat wewenangnya, namun hingga sekarang usulan tersebut masih sepi dari realisasi.

“Dan mengamendemen UUD 1945 itu tidak semudah membalikkan telapak tangan,” tegasnya.

Ia pun mempertanyakan motivasi mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu, dengan melontarkan isu tersebut.

“Dengan mencermati begitu sulitnya membubarkan DPD, maka patut dicari apa motivasi sebenarnya Muhaimin Iskandar melontarkan isu tersebut. Apa hanya untuk mencari sensasi belaka? Seorang politisi pastilah memiliki target tertentu dalam langkah-langkah politiknya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di acara Mukernas PKB mengatakan DPD RI tidak maksimal kinerjanya dan itu menjadi sorotan seluruh kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Indonesia. Ia pun mengaku telah bertemu empat mata dengan Ketua DPD RI, Irman Gusman untuk membicarakan materi posisi DPD yang dilematis.

Ia pun menyampaikan bahwa banyak masyarakat Indonesia yang belum tahu apa itu DPD. Di samping itu sistem ketatanegaraan di Indonesia juga tidak punya wewenang yang jelas.(wal/okz)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *