Objek Wisata Legenda Tuan Tapa di Aceh Selatan

OBJEK wisata yang mungkin sedikit disentuh wisatawan di Provinsi Aceh di adalah yang ada di Kota Tapaktuan. Berada di daerah selatan Aceh, kota ini menyimpan banyak sejarah dan legenda yang meninggalkan jejak.

Di antara jejak tersebut adalah bekas tapak kaki raksasa milik Tuan Tapa. Nama tersebut adalah salah satu bagian dari legenda Kota Naga, yang mana sempat bertapa di sana dan melawan sepasang naga yang berseteru memperebutkan Putri Naga dengan orangtua aslinya yang sempat terpisah sejak bayi.

Di sana, Tuan Tapa yang sedang bertapa membantu melerai pertikaian yang diakhiri dengan meninggalnya naga jantan yang kemudian menciptakan batu hitam dan batu merah dari darahnya. Sementara, Tuan Tapa meninggalkan jejak kaki raksasa yang sampai saat ini masih dapat ditemukan.

Bekas tapak kaki raksasa sang tuan tapa yang berukuran panjang 4 meter dan lebar 2 meter itu merupakan salah satu objek wisata sejarah munculnya kota Tapaktuan pada tahun 1980 yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing.

Daerah pesisir yang melegenda tersebut berada di Desa Gampong Pasar, Tapaktuan, Aceh Selatan, Provinsi Aceh. Lokasi ini bisa disambangi dari Medan dengan kendaraan darat delapan jam dan tiga jam dari Meulaboh Aceh.

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *