PAGI INI TERPANTAU 6 Hotspot di Riau, 2 Titik Api di Dumai dan Meranti

titik api21DUMAIĀ  – Berdasarkan citra satelit Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru-Riau, terpantau 6 hotspot (titik panas, red) di Provinsi Riau. Dari 6 hotspot, 4 titik berada di Kota Dumai, sementara 2 titik lagi di Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Dari 6 hotspot, yang berpotensi titik api ada 4 titik, di Kota Dumai 2 titik dan di Kepulauan Meranti 2 titik,” ujar Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru-Riau, Sugarin Rabu (17/2/2016) pagi.

Masih dikatakannya, hotspot pun terpantau di Provinsi Sumatera Utara 2 titik dan di Nanggroe Aceh Darussalam 2 titik. “Hotspot terpantau sejak pukul 05.00 WIB, pagi ini,” ulasnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo, mengatakan seluruh personil Polri yang bertugas di daerah rawan kebakaran lahan dan hutan (karlahut) terus melakukan koordinasi dengan BMKG.

“Setelah kita (Polri, red) mendapatkan titik koordinat, personil langsung menuju lokasi terbakarnya lahan atau hutan. Titik koordinat melencengnya pun tidak jauh, hanya beberapa meter saja,” kata AKBP Guntur.

AKBP Guntur juga menjelaskan, dengan adanya sekat kanal (canal blocking), dapat mengantisipasi terjadinya kebakaran di lahan gambut saat musim kemarau.

“Saat ini musim hujan, jadi lahan-lahan gambut yang berpotensi kebakaran bisa menjadi basah, karena ada sekat kanal. Sejauh ini sudah ribuan sekat kanal yang dibuat di Riau dan akan terus bertambah,” tutup AKBP Guntur (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *