Paket Kebijakan XV Harus Bisa Perbaiki Alur Logistik RI

PAKET Kebijakan Ekonomi Jilid XV yang berfokus pada urusan tata niaga dan logistik diharapkan dapat membenahi urusan logistik dari hulu hingga ke hilir.

“Jadi segala bentuk baik itu produk dari dalam negeri misalnya apa yang harus dilakukan. Apakah kemudian memperbaiki transportasi dari pelabuhan itu ke pasar induk atau dari pusat-pusat produsen ke pasar induk,” ujar Anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Hendri Saparini

Dia menjelaskan, hal terbaik yang mesti dilakukan pemerintah adalah memperbaiki urusan pendistribusian logistik yang tak hanya sebatas hingga pelabuhan saja. Perbaikan urusan logistik hingga ke end user atau pedagang, menurutnya dapat meningkatkan daya saing.

“Mestinya kan pilihannya dari pusat-pusat produsen ke pasar induk karena kalau hanya dari pelabuhan impor ke pasar induk artinya itu menekan biaya logistik tapi tidak akan memberikan peningkatan daya saing dari produk-produk dalam negeri,” jelasnya.

Kemudian, dia juga mengingatkan agar kebijakan XV nanti bisa mewakili berbagai kepentingan untuk memajukan negara.

“Nah jadi mestinya kalau betul mau keluar (paket kebijakan) tata niaga, (kebijakan) tata niaganya harus menyeluruh untuk dua-duanya tadi, baik untuk komoditas produksi maupun komoditas konsumsi,” tambahnya. (*/fr)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *