Pandra: Selamat Tinggal Meranti. Asep Kapolres Baru

hutrimera2SELATPANJANG — Kamis malam (28/4), Surat Telegram Kapolri nomor: ST/1063/IV/2016, tentang mutasi sejumlah Kapolres di Polda Riau, mulai beredar luas. Bagian dari telegram itu, nama AKPB Zahwani Pandra Asryad SH.M.si, diangkat dengan jabatan baru sebagai Kanit III Baresmob Robinops Bareskrim Polri.

Siapa penggantinya? Sesuai telegram Kapolri tersebut, nama AKPB Asep Iskandar yang semula menjabat sebagai Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Riau, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Kepulauan Meranti, Polda Riau.

Pagi Jumat (29/4) pagi sekitar pukul 09.17 WIB, setelah telegram itu beredar luar pada malam harinya, di fasilitas BlackBarry Masager (BBM), AKPB Zahwani Pandra membuat status baru. Isinya, ”Selamat tinggal Meranti.” Tak hanya itu, setelah hampir satu bulan di BBM, mantan ajudan Kapolri itu memajang foto dia bersalaman dengan Presiden Jokowi, juga diganti dengan foto ketika Pandra di dalam helikopter saat hendak meninjau Karlahut di Meranti.

Mantan Abang Jakarta tahun 1991 silam itu, sempat dikonfimasi terkait mutasi Kepolres Meranti, Pandra hanya menjawab, ”Ya, saya dimutasi di Mabes Polri,” kata Pandra, Jumat (29/4), disaat tengah berada di Polda Riau, Pekanbaru.

Mutasi dari jabatannya itu, kata Pandra, merupakan perubahan struktur yang merujuk pada Surat Telegram bernomor ST/1056/IV/2016 tertanggal 28 April 2016. “Ada (surat telegram mutasi, red),” ujar Pandra.

Belum lama ini Waka Polres Kepulauan Meranti Kompol Stp Manullang SH yang disertijab pada Kamis (28/4) pagi di Mapolres Kepulauan Meranti. Belum lagi sampai 24 jam, kabar Kapolres Kepulauan Meranti yang juga akan dipindahtugaskan pun menggema di Meranti khususnya.

AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi dan Kompol Stp Manullang SH merupakan dua proklamator Polres Kepulauan Meranti. Dua pejabat utama itu pertama kali dikirim ke Selatpanjang dengan terbentuknya Polres Kepulauan Meranti para 17 Agustus 2013 silam. Banyak suka duka yang dialami dua proklamator itu dalam merintis berjalannya polres baru. Hal itu pula disampaikan AKBP Zahwani Pandra Arsyad yang akrab di sapa Pandra ini.

Selain mengatakan bahwa pejabat yang akan mengantikan dirinya sebagai Kapolres Kepulauan Meranti nantinya adalah AKBP Asep Iskandar SIK MM, Pandra mengaku, rotasi tersebut merupakan mutasi rutin. Namun dirinya belum mengetahui pasti kapan waktu pelaksanaan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kapolres Kepulauan Meranti tersebut. “Biasa mutasi rutin,” sambungnya.

Secara terpisah, bakal Pejabat baru Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Asep Iskandar SIK MM, kepada Meranti Ekspres, Jumat (29/4) mengakui bahwa dirinya ditunjuk dan diangkat sebagai Kapolres Kepulauan Meranti menggantikan posisi AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi yang akan dipindahtugaskan sebagai Kanit III Bagresmob Robin Ops Bareskrim Polri, berdasarkan Surat Telegram Kapolri bernomor ST/1056/IV/2016 tertanggal 28 April 2016.

“Ya, seperti yang diketahui (sesuai Surat Telegram Kapolri, red) saya berkemungkinan menggantikan posisi pak AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi di Meranti,” kata mantan Kasubdit II Perbankan Polda Aceh tahun 2012 lalu ini.

Pria tegap dan berwibawa kelahiran Sukabumi pada 28 Juli 1975 silam ini mengungkapkan, bahwa dirinya juga belum mengetahui secara pasti waktu pelaksanaan Sertijab yang akan di gelar di Polda Riau nantinya. “Saya belum tau kapan. Yang pasti saya siap ditugaskan,” sebut pria yang telah mengecam pendidikan Polri AKABRI tahun 1998, PTIK / S1 tahun 2006, dan Sespim Pol tahun 2014 ini.

Sebelum mendapat jabatan sebagai Kapolres Kepulauan Meranti sesuai Surat Telegram Kapolri tersebut, alumni S2 MGTR MJN tahun 2012 ini juga pernah menjabat sebagai Pampta Polres Sarko Jambi tahun 1999, Dankie BKO Polda Aceh tahun 2000, Wakapolsek Kota Pasar Jambi Poltabes Jambi tahun 2001, Kapolsek Kota Sarolangun Polres Sarko Jambi tahun 2002, dan Kapolsek Kota SRL Polres Sarolangun Jambi 2003.

“Tahun 2004, saya pernah dipercaya sebagai Kasat Reskrim Polres Bungo Provinsi Jambi, kemudian Kabag Ops Poltabes Banda Aceh di tahun 2010, Wakapolres Aceh Singkil di tahun 2011, Kasubdit II Dit Reskrimsus Polda Aceh di tahun 2012, Pasis Sespimmen Dik Reg Liv di tahun 2014, Kabag Ops Ditreskrimsus Polda Aceh, dan Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Riau 2015,” tutur Asep.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *