Pemkab dan Kejari Bekerjasama Gelar Sosialisasi TP4D

3-ft rian 3- Bupati siak Drs H. Syamsuar dan Kajari Siak Zondri SH menandatangani Nota kesepahaman pelaksanaan Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D)SIAK— Dalam rangka mendukung keberhasilan penyelenggara pemerintah dan pembangunan nasional dan daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Siak melaksanakan penandatangan nota kesepahaman pelaksanaan Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) di Ruang Indra Pahlawan Room, Kamis (3/3).

Selain melaksanakan penandatangan nota kesepahaman juga dilakukan sosialisasi TP4D yang dijelaskan oleh Tim Kejaksaan Negeri terhadap tugas, tujuan dan manfaat dari TP4D tersebut. Dalam kesempatan itu hadir Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi, Kajari Siak Zondri SH, unsur Forkopinda Kabupaten Siak, seluruh Kepala Dinas, Kepala Kantor, Kepala Badan dan seluruh Camat se Kabupaten Siak.

“Sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi wadah koordinasi dan pengetahuan yang kedepan dapat meminimalisir kebocoran keuangan dan penyelewengan keuangan Daerah oleh SKPD,” kata Bupati.

Syamsuar juga berharap agar SKPD juga dengan sesegera mungkin mengadakan kerjasama dengan Kejari agar pelaksanaan perencanaan pembangunan di Kabupaten Siak sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan.

“Kita berharap dengan adanya TP4D ini, seluruh unsur SKPD dapat melaksanakan tugas dengan baik dengan waktu yang tepat, tidak seperti tahun lalu banyak tugas yang menumpuk, semoga ditahun ini perencanaan pembangunan di Kabupaten Siak.lebih baik dan tepat,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Siak Zondri SH mengatakan, latar belakang dibentuknya TP4D merupakan instruksi pusat meminta agar kejaksaan untuk mendukung mempercepat pembangunan daerah, dengan tujuan melindungi dan mengamankan, membrikan rasa amankan kepada masyarakat yang bermanfaat menghilangkan keraguan aparatur negara dalam mengambil keputusan.

“Dengan adanya tim ini memberikan konsultasi dan pertimbangan hukum dalam mengambil keputusan dalam suatu kegiatan seperti pelelangan, dimana akan dibimbing oleh TP4D hingga pelaksanaan lelang hingga selesai, sehingga pelaksanaan kegiatan tidak ragu-ragu dalam melaksanakan kegiatan,” jelas Kajari Siak.

Selain itu lebih lanjut Zondri menjelas, sasaran lain dibentuknya TP4D yakni mengoptimalkan penyerapan anggaran APBD di Kapbupaten Siak, sehingga dengan adanya tim ini akan meningkatkan penyerapan anggaran.

“Untuk itu diharapkan kepada seluruh SKPD di Kabupaten Siak agar segera menyampaikan permohonan agar pihak Kejaksaan bisa mendampingi mulai dari perencanaan sampai dengan selesai. Jika kita bekerja sesuai pedoman dan peraturan yang berlaku, tentu tidak ada alasan untuk takut. Dengan adanya sosialisasi ini mudah-mudahan dapat dimanfaatkan untuk belajar lebih mengerti dan tepat sasaran,” tukasnya. (*/FR)

 

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *