Pemkab Terapkan e-Planning untuk Pembangunan 2017

apbdBENGKALIS- Untuk mempermudah dan mendukung transparansi dalampenyusunan rencana program pembangunan daerah tahun 2017, PemerintahKabupaten Bengkalis menerapkan sistem e-planning.”Perangkat pendukungnya sudah kita siapkan. Termasuk servernya, sudah ada di Bappeda,”ujar Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis melalui Sekretaris, H Imam Hakim, Selasa (12/1).

Dipaparkan Iman, penerapan e-planning dilakukan untuk mendukungtarget dan sasaran rencana program jangka menengah daerah (RPJMD).”Banyak manfaat dari perencanaan elektronik tersebut, salah satunya bisa diakses dari mana saja sehingga SKPD di seluruh Kabupaten Bengkalis bisa melakukan input data secara bersamaan,”paparnya.

Dia menambahkan, e-planning juga membuat sistem perencanaan menjadi satu pintu sehingga baik dari eksekutif, legislatif dan masyarakat umum dapat berinteraksi dalam perencanaan pembangunan daerah. Menurutnya, perencanaan pembangunan secara digital itu juga dapat mencegah terjadinya human error, sehingga diharapkan tidak terjadi lagi kesalahan penjumlah dan pengurutan melalui sistem komputerisasi.

Termasuk juga adanya penumpang gelap dalam penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.”Proses usulan penganggaran akantelihat jelas mulai dari tingkat bawah. Jika ada usulan masuk di tengah jalan, maka dengan sistem e-planning ini akan telihat,”ujarnya.Sistem e-planning telah diterapkan sejumlah daerah di Indonesia,seperti DKI Jakarta, Yogyakarta, Aceh dan Kabupaten Rejang Lebong,Sumatera Selatan dan Kota Lubuk Linggau.
Jadwal Penyusunan RKPD 2017 Dalam rangka mengoptimalkan penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Bengkalis Tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah menetapkan tahapan penyusunan dokumen RKPD Kabupaten Bengkalis 2017. Hal itu itu tertuang dalam Surat Bupati Nomor 050/Bappeda/03/2016 tertanggal 4 Januari 2016 yang ditujukan kepada Kepala SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Adapun tahapan penyusunan dokumen RKPD Kabupaten Bengkalis 2017 dijadwalkan sebagai berikut;
a. Musrenbang Desa/Kelurahan dilaksanakan selambat-lambatnya pada Minggu I bulan Februari 2016;
b. Musrenbang Kecamatan dilaksanakan selambat-lambatnya pada Minggu II bulan Februari 2016;
c. Forum SKPD Kabupaten Bengkalis dilaksanakan pada Minggu III bulan Februari 2016;
d. Forum Konsultasi Publik dilaksanakan pada Minggu IV bulan Februari 2016;
e. Pra Musrenbang Kabupaten Bengkalis dilaksanakan pada Minggu I bulan Maret 2016;
f. Musrenbang Kabupaten Bengkalis dilaksanakan pada Minggu II bulan Maret 2016;
Dalam Surat Bupati tersebut, kepada Kepala SKPD juga diminta menyusun Rencana Kerja (Renja) SKPD tahun 2017, usulan APBD Provinsi dan APBN 2017 sesuai format yang ada dan memperhatikan target-target penting urusan yang melekat pada setiap SKPD dan kerangka utama visi dan misi Bupati Bengkalis terpilih serta mempertimbangkan efektivitas dan efisiensi anggaran.

“Usulan Renja SKPD, APBD Provinsi dan APBN 2015 disampaikan kepada Bupati Bengkalis melalui Kepala Bappeda dalam softcopy dan hardcopy selambat-lambatnya minggu II Februari 2016,” tutup Imam. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *