Pengelolaan Bandara PK Bakal Beralih Tangan ke Kementerian

bandara PKDUMAI— Pemerintah Kota melalui Kepala Dinas Perhubungan (Dishub ) Dumai, Bambang Sumantri menyebutkan bahwa Pengelolaan Operasional Bandara Pinang Kampai yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, wacananya akan beralih tangan di kelola oleh Kementrian Perhubungan.

Wacana tersebut sudah diperbincangkan Pemko dan Kementerian dengan berbagai pertimbangan seperti keterbatasan wewenang serta dana yang dimiliki Pemko Dumai dalam mengelola Bandara PK yang statusnya hingga kini masih pinjam pakai dari PT Pertamina.

“Hingga sekarang status bandara belum berpindah tangan ke Pemko Dumai. Alhasil banyak peluang yang terpaksa batal masuk untuk pengembangan bandara salah satunya bantuan dari pusat,” ucapnya.

Padahal berbagai upaya dan perjuangan dari Pemko sudah dilakukan menuju proses hibah. Apalagi upaya untuk ambil alih sudah dilakukan hingga ke Pemerintah Pusat. Akibat ketidakjelaskan status ini, kata dia, sulit bagi Pemko Dumai melakukan pengembangan fasilitas dan lainnya. Apalagi sekarang ini, jumlah maskapai penerbangan yang menjalin kerjasama berkurang.

Dengan pengalihan kelola ini,diharapkan kedepan pengembangan Bandara PK akan semakin maju dalam pembenahan berbagai fasilitas penerbangan mengingat dana dari Pusat cukup besar untuk ini.Kemudian pihak Kementerian pun lebih mudah berkomunikasi dengan Pertamina sebagai pemilik lahan dalam hal pengembangan bandara.

Menurut dia ,transportasi udara sangat penting tersedia di Dumai mengingat aktivitas perusahaan sangat besar di Dumai. Bila perlu seluruh jurusan penerbangan di Bandara PK ini tersedia agar masyarakat Dumai mudah dalam melakukan perjalanan.Sekarang kondisi bandara masih serba terbatas termasuk jurusan penerbangan. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *