PENTING! Akta Kematian Wajib di Urus Warga

WAZIRDUMAI— Masyarakat Dumai diminta segera mengurus akta kematian jika ada anggota keluarga yang meninggal dunia. Sama halnya Akta Kelahiran dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), akta kematian juga sangat penting. Keterangan kematian yang didokumentasikan melalui Akta Kematian akan berguna terutama terkait sertifikat tanah dan pengurusan dokumen lainnya.

Seperti disampaikan Kabid Pencatatan Disdukcapil Dumai, Wazir kepada wartawan. Menurutnya, masyarakat harus memperhatikan akte kematian mengingat banyak data anggota keluarganya yang sudah meninggal dunia tetapi belum ada keterangannya. “Akte kematian sangat penting diurus, itu untuk mengupdate data masyarakat kita sendiri,” katanya.

Lanjut dikatakan, masyarakat jangan hanya memperhatikan pengurusan KTP dan Kartu Keluraga (KK) saja. Ketika ada sanak saudara yang meninggal dunia, akte kematian tidak diurus sehingga data yang ada tidak ter-up-date. “Harus serius, dan juga harus berdayakan perangkatnya untuk mendata penduduknya. Jangan bekerja sendiri, sehingga jumlah jiwa pada setiap wilayah bisa diketahui,” tegasnya.

Dalam pengurusan semua berkas kependudukan, pemerintah memberi kemudahan yakni gratis tanpa membeda-bedakan yang kaya maupun yang miskin,semua dilayani sama. Dan terrcatat hingga September 2016 saja sudah ada sekitar 205 akta Kematian yang diterbitkan Disdukcapil,meskipun kepengurusan akta banyak yang terlambat.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *