Persedian Trombosit di PMI Diperbanyak Pasca Meningkatnya Kasus DBD

dbdPEKANBARU– Bersamaan dengan terus meningkatnya jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Pekanbaru, persediaan trombosit di  PMI Pekanbaru juga mulai diperbanyak. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, M Noer yang juga selaku ketua PMI Pekanbaru, untuk permintaan bantuan kasus DBD di PMI lebih banyak untuk kebutuhan trombosit. Sebab itu pihak PMI berupaya mensiagakan trombosit disamping juga darah.
“Kita PMI Pekanbaru sudah persiapkan trombosit disamping juga darah. Untuk mempermudah masyarakat kami juga tidak mengharuskan darah tersebut harus diganti saat itu juga ,”kata M Noer.
Dijelaskan M Noer lagi, saat ini di PMI Pekanbaru juga sudah memiliki alat canggih yang bisa memisahkan darah dengan trombosit secara otomatis. hal ini diharapkan bisa mempercepat pelayanan akan kebutuhan trombosit bagi pasien kasus DBD. Namun demikian menurutnya sejauh ini permintaan trombosit di PMI Pekanbaru masih terbilang normal.
“Kita baru saja memiliki alat yang langsung bisa memisahkan trombosit dari daerah. Biaya operasionalnya cukup tinggi namun kita sangat butuh apalagi disaat kasus DBD tengah tinggi,”katanya lagi.
Rencananya dalam waktu dekat, M Noer sendiri akan mencoba mendonorkan trombositnya di PMI pekanbaru sekaligus melakukan uji coba alat transfusi trombosit.“Saya akan mencoba juga untuk diambil trombosit. Selain itu juga PMI mencari sendiri pendonor trombosit dan darah,”katanya lagi. (*/FR)
Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *