Pertahun Pemko Bagikan Sekitar 6500 Bibit Kelapa Sawit

DUMAI– Setiap tahun Pemerintah Kota Dumai memiliki program pemberian Bibit Kelapa sawit kepada para petani. Ada sekitar 6.500 bibit kelapa sawit di berikan kepada para petani yang ada di Kota Dumai. Hal tersebut diberikan tahun lalu Pemko Dumai melalui Distambunhut yang saat ini bernama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian memberikan
“Ada sekitar 50 hektar lahan sawit yang dibantu Pemko setiap hektar ada sekitar 130 Batang bibit kelapa sawit, jadi kalau ditotal ada sekitar 6500 Batang,”sebut Sugino Kasi Perlindungan perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai.
Pemberian bantuan bibit tersebut tidak sembarangan, pasal bibit yang diberikan memang sesuai dengan usulan kelompok tani. “Jadi mereka usulkan dulu kepada kami, untuk tahun lalu merupakan usulan di tahun 2015, yang tahun ini usulan 2016, jadi jumlahnya memang sesuai kebutuhan Petani,”sebutnya.
Tahun ini rencananya juga ada sekitar 6500 bibit kelapa sawit yang akan diberikan kepada petani lagi, pasalnya sudah diusulkan mereka tahun lalu. “Bibit ini merupakan bibit yang kualitas baik,”terangnya.
Ia mengatakan hasil produksi TBS kelapa sawit memang sangat ditentukan dengan penanaman bibit, jika bibitnya tidak unggul maka hasilnya tidak akan maksimal. “Faktor lain pemeliharaan dan pemberian pupuk,”sebutnya.
Dikatakannya, idealnya satu hektar lahan pertanian itu setahun bisa memproduksi TBS kelapa sawit sekitar 30 ton, namun untuk petani Dumai paling banyak 10 ton pertahun perhektarnya. “Ini yang kita terus lakukan pembinaan kepada kelompok tani yang ada,”tutupnya.(*/FR)
Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *