PILKADA SERENTAK 2017 Agustus, Bakal Calon Sudah Bisa Daftar

pilkada_serentak_2017PEKANBARU– Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar akan mengikuti Pilkada serentak pada 2017 mendatang. Kendati masih ada jeda satu tahun, namun beberapa nama sudah unjuk diri siap bersaing dalam pemilihan kepala daerah. Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Riau, Nurhamin menuturkan memang atmosfir Pilkada baik Kampar atau Pekanbaru memang sudah terasa. Hanya saja pendaftaran secara resmi dimungkinkan akan dilaksanakan pada Agustus 2016 mendatang.

“Saya belum bisa pastikan tanggalnya karena masih menunggu pemberitahuan KPU pusat,”katanya ditemui Rabu (23/3) kemarin.Selanjutnya, Kata Nurhamin saat ini pihaknya fokus pada kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) di KPU Pekanbaru mau pun Kampar. Selain itu KPU Riau juga mengencarkan sosialisasi kepada masyarakat.

“Jadi pertama kita ingin agar KPU daerah siap, bagaimana mensukseskan Pilkada serentak 2017. Karena kalau dari evaluasi Pilkada Desember 2015 bisa kita bilang sukses, jangan sampai ini hanya dua daerah malah tidak sukses. Kita juga sudah sampaikan kepada KPU daerah menghidupkan website dan media sosial sebagai sarana sosialisasi. Karena tidak bisa kita pungkiri sekarang ini masyarakat sudah semakin cerdas dan hampir semua memanfaatkan online untuk mencari informasi,” terangnya.

Di samping itu juga, Nurhamin meminta keikutsertaan masyarakat dalam mensosialisasikan ikut serta dalam Pilkada serentak. “Karena hasil penelitian juga menyebutkan peran masyarakat kelas menengah berpengaruh terhadap partisipasi masyarakat kelas bawah. Untuk itu kita juga berharap bersama agar Pilkada sukses, karena ini bukan kepentingan KPU tetapi negara,” sebutnya. Di Pilkada serentak gelombang II ini, KPU Riau menargetkan partisipasi minimal 78 persen.

“Sesuai dengan target nasional. Target itu tercapai kalau semuanya ikut bersama mensukseskan,” kata Nurhamin. Lalu Nurhamin mengingatkan kepada KPU daerah agar benar-benar memaksimalkan segala upaya dalam mensukseskan Pilkada serentak 2017. “Tidak main-main, dengan Pilkada di Pekanbaru dan Kampar standarnya tinggi. Kalau prestasi lebih buruk dari sembilan daerah kemarin, kita gak mau. Bisa kita evaluasi,” katanya.

Sebagai informasi untuk Provinsi Riau akan ada dua daerah yang ikut serta Pilkada serentak dikarenakan masa tugas kepala daerah yang berakhir. Untuk Pekanbaru masa akhir jabatan Walikota dan Wakil walikota pada 26 Januari 2017, sedangkan Kampar pada 12 Desember 2017. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perpu) Nomor I tahun 2014 tentang Pemilihan Kepada Daerah, pilkada serentak gelombang II akan dilaksanakan pada Februari 2017 untuk kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada semester kedua 2016 dan priode jabatannya berakhir pada 2017. (*/FR)

 

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *