Pj Wako Dumai H Jonli: Pelantikan Wako Terpilih Bisa  17 dan 26 Februari

Walikota dan Wakil Walikota Dumai terpilih

FULLRIAU.COM —  Gubernur Riau atas nama Menteri Dalam Negeri akan melantik Walikota dan Wakil Walikota Dumai terpilih bersama beberapa bupati dan wakil bupati pemenang Pilkada yang tidak bersengketa kasusnya dalam persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK) pada tanggal 17 atau 26 Februari 2021 mendatang.

Menanggapi hal ini, Penjabat Walikota Dumai H Jonli menjelaskan sesuai jadwal atau masa jabatan Penjabat Walikota memang tanggal 17 Februari 2021. Namun setakat ini SK pelantikan itu belum turun, dengan demikian kalau tanggal 17 belum turun maka bisa jadi tanggal 26.

“Proses pelantikan dilaksanakan virtual atau dilantik langsung oleh Gubernur Riau di Pekanbaru. Jika pada tanggal 17 Februari tidak ada informasi maka proses pelantikan dilaksanakan sekitar tanggal 26 Februari 2021 mendatang,” ungkapnya.

Pelantikan secara virtual dilaksanakan untuk mencegah penularan ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia termasuk provinsi Riau. Makanya pelantikan kepala daerah terpilih diwacanakan akan dilaksanakan secara virtual yakni di daerah masing masing.

Untuk di Provinsi Riau, pelantikan kepala daerah terpilih dari pelaksanaan Pilkada serentak Desember 2020 lalu yang terdekat yakni Bupati dan Wakil Bengkalis dan Walikota serta Wakil Walikota Dumai.

“Karena kondisi pandemi Covid-19 masih terjadi, pihak Kementerian dalam negeri (Kemendagri) mewacanakan untuk dilakukan pelantikan secara virtual namun demikian pihaknya hingga saat ini masih menunggu informasi dari Kemendagri terkait pelantikan kepala daerah tersebut.

Jika nantinya memang akan dilaksanakan secara virtual, maka gubernur Riau akan melantik dari gedung daerah Riau, sedangkan bupati walikota terpilih dari daerahnya masing-masing.

“Tapi hal tersebut masih wacana yang saat ini masih dilakukan pembahasan. Kami juga masih menunggu keputusan dari Kemendagri terkait informasi pelantikan itu,” sebutnya. ***

Editor: Wadami

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *