PJ Wako Hadiri Rapat Bahas Finalisasi Revisi RTRW

rtrwJAKARTA– Pj Walikota Dumai menghadiri rapat pembahasan finalisasi revisi rencana tata ruang wilayah (RTRW) Provinsi Riau di gedung GBHN Nusantara V di DPR RI yang dibuka Ketua DPD RI Irman Gusman.

Rapat dihadiri oleh 3 Kementerian yakni Kementerian lingkungan hidup, Lemhanas, kementerian tata ruang serta pejabat eselon 1 Kementerian tersebut, rapat dipimpin langsung oleh legislator DPD RI Ghafar Usman.

Bagi aanggota DPD RI pemilihan Riau ini, Rencana Tata Ruang Wilayah( RTRW) Riau yang masih belum juga terselesaikan akan menjadi kendala terhadap pertumbuhan ekonomi, investasi dan percepatan pembangunan.

”Sebab,jika dilihat dari letak strategis daerah provinsi Riau, yang berdekatan dengan Selat Malaka dan negara tetangga, Riau merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi pertumbuhan ekonomi tertinggi di seluruh Indonesia, penyelesaian rencana tata ruang wilayah ini harus dilaksanakan dengan cepat dan tuntas. Dan berterima kasih kepada seluruh perserta yang hadir memenuhi undangan DPD RI dalam menyelesaikan persoalan rtrw ini.” kata Ghafar Usman dalam sambutaanya saat memimpin rapat.

Selain itu, Menteri Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan saat pemaparannya beberapa kementerian yang terkait dengan urusan RTRW telah diperintahkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo untuk menyelesaikan persoalan ini dengan secepatnya.

”Namun kita tidak bisa menyelesaikan persoalan ini secara global, dan terburu buru, kami terus mengkaji, termasuk aspek hukum atas tata ruang tersebut. Dalam waktu dekat draft undang- undang revisi yang baru akan kita usahakan selesai” ungkapnya.

Pj Walikota Dumai, Alisman Agus  juga menyampaikan Dumai sangat menanti kejelasan batas wilayah RTRW yang dinantikan tentunya akan mempercepat pembangunan dan para investor tidak ragu ragu lagi untuk datang keDumai. (*rls/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *