Pj Wako: Peranan Kaum Ibu Sangat Besar

> Dirgahayu Dharma Wanita Persatuan ke-16

10-Ketum Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait menyampaikan seminar pada acara HUT DWP, Kamis (10-12). F DianDUMAI — Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 Dharma Wanita Persatuan (DWP) di Kota Dumai pada tahun ini dirayakan semarak  pada Kamis (10/12) di Gedung Sri Bunga Tanjung Dumai. Dengan menghadirkan narasumber seminar Ketum Komnas Perlindungan Anak 
RI, Arist Merdeka Sirait dari Jakarta.Dihadiri oleh Penjabat Walikota Dumai, Drs H Arlizman Agus MM dan istri Hj Rosnelli, Forkorpimda, Sekretaris Daerah Drs H Said Mustafa MSi, para ketua organisasi wanita, Ketua P2TP2A Timo Kipda serta undangan lainnya. Peringatan HUT DWP ke-16 tahun 2015 mengusung tema ‘Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan Menuju Ketahanan Keluarga’.

Pj Walikota mengatakan organisasi DWP memiliki peran strategis dalam meningkatkan peran serta pembangunan di Kota Dumai, terutama dalam menyiapkan SDM yang berkualitas serta menjalankan perintah agama dan negara. ‘Saya harus akui bahwa peran kaum ibu ini sangatlah besar  dalam menentukan generasi bangsa kedepannya, karena ibu-ibu harus menyiapkan anak-anak menjadi SDM siap bersaing ditengah era globalisasi dan menghadapi MEA. Kaum ibu pula menentukan baik buruknya kelakuan anak, karena lebih banyak perannya dalam mengasuh dan mendidik bahkan dari kandungan,” ujarnya.

Arlizman Agus menegaskan panca DWP yakni wanita sebagai pendamping suami, sebagai penerus keturunan, pendidik anak, membantu ekonomi keluarga serta kemampuan mengembangkan diri. ”Jujur saja pemerintah sangat merasakan sekali peran kaum ibu khususnya DWP ini dalam mendukung suksesnya program pembangunan,” tukasnya.

Ketua DWP Kota Dumai, Hj Syarifah Rafida membacakan sambutan Ketum DWP Pusat, Ny Wien Ritola Tasmaya sempena HUT ke-16 bahwa pngembangan organisasi kedepan harus lebih baik lagi, yang didukung dengan peningkatan kualitas seluruh anggota DWP di tanah air. Ini akan memperkuat dan mendorong peran serta perempuan dalam pembangunan bangsa, meningkatkan rasa percaya diri dan mendorong perempuan kedepan yang bukan hanya mengubah perilaku dalam keluarga tetapi juga dapat ikut mengambil kebijakan dan 
keputusan menyangkut kepentingan kaum perempuan sehingga program unggulan Dharma Wanita Persatuan sebagai Center of Excellence dapat terwujud.

”Dharma Wanita Persatuan akan membuat program-program berkelanjutan yang memiliki dampak ganda bagi peningkatan kesejahter
aan anggota, keluarga dan masyarakat sekaligus meningkatkan peran serta perempuan dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial budaya dan politik. Menjadi Dharma Wanita Persatuan yang Center of Excellence diharapkan segera dapat terwujud. Program unggulan tersebut harus dilaksanakan secara terintegrasi dengan pemerintah, masyarakat dan swasta,” ungkap Istri Sekda Kota Dumai ini.

Ketua Panitia HUT ke-16 DWP, Hj Wenika Oristyawan menjelaskan  peringatan HUT DWP tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan yang disesuaikan pada semua tingkat kepengurusan. Sebagai anggota DWP, ajang ini diharapkan lebih memperkuat rasa kebersamaan dan bangga terhadap organisasi serta bentuk partisipasi dan kontribusi mensukseskan program pemerintah.

”Banyak kegiatan sudah digelar sukses antara lain lomba pidato, paduan suara, fashion show, penyerahan santunan bagi ibu-iu pensiun anggotaDWP, beasiswa anak anggota DWP yang berprestasi serta anjangsana ke panti asuhan,” ungkap Wenika. Dirgahayu DWP ke-16 diisi dengan seminar yang disampaikan Arist Merdeka Sirait dengan moderator Hj Yusmanidar SSos MSi dalam bahasan bagaimana memutus mata rantai kekerasan terhadap anak. Dimeriahkan persembahan tarian zumba oleh DWP BKD dan lawak dari DWP Disdik. Untuk fashion show diikuti 15 DWP dan dimenangkan oleh DWP Disperindag, juara dua Disparbudpora dan tiga DWP Bapeko. Dilanjutkan penyerahan hadiah pada pemenang lomba fashion show, sebelumnya diserahkan cenderamata pada narasumber seminar dan ibu-ibu pensiunan anggota DWP Kota Dumai.(FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *