Politeknik Bengkalis Wisuda 455 Lulusan

wisuda2BENGKALIS– Politeknik Negeri Bengkalis, Sabtu (17/9) menggelar sidang senat Wisuda XIII dan Dies Natalis XV tahun 2016. Sebanyak 455 mahasiswa, yang terdiri dari 10 program studi secara resmi memperoleh gelar Diploma III dan Diploma II. Sidang senat yang digelar di halaman Gedung Utama Kampus Politeknik Negeri Bengkalis, jalan Bathin Alam, Desa Sungai Alam Dipimpin Ketua Senat, Razali ST MT.

Sementara Direktur Polbeng, I H Muhammad Milchan MT bersama Plt Sekda, H Arianto, saat bersamaan mendampingi Staf Ahli Menteri Bidang Relevansi dan Produktivitas Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Dr Ir Agus Puji Prasetiyono M.Eng dan Direktur Bandung Techno Park, Jangkung Raharjo, berkeliling mengunjungi kampus Akademi Maritim, Akademi Komunitas Negeri dan Galangan Kapal milik Polbeng.

Rombongan Direktur Polbeng dan staf ahli menteri dan Plt Sekda, sekitar pukul 11.30 Wib, baru ke Polbeng untuk mengikuti prosesi acara wisuda dan langsung menyerahkan penghargaan kepada wisudawan dengan lulusan Cumlaude. Data yang berhasil dirangkum, adapun 455 mahasiswa yang diwisuda berasal dari 10 program studi, diantaranya; Teknik Perkapalan sebanyak 19 orang, Teknik Mesin 6 orang, Teknik Elektro 46 orang, Teknik Sipil 79 orang, Administrasi Bisnis 106 orang, Bahasa Inggris Bisnis 25 orang.

Kemudian Program Studi Teknik Informatika, 70 orang, Teknik Pengelasa 20 orang, Teknik Sistem Pembangkit 22 orang dan terakhir jurusan Komputer Akuntasi, sebanyak 60 orang mahasiswa. Adapun mahasiswa yang mendapatkan predikat cumlaude sebanyak 28 orang dari Program Studi D-III Administrasi Bisnis,1 orang dari Teknik Perkapalan, 8 dari Teknik Pengelasan, 1 orang dari Teknik Mesin, 5 dari Tenkik Elektro. Selanjutnya, 7 orang dari Program Studi D-III Teknik Sipil, 3 dari program studi Bahasa Inggris Bisnis, 2 dari Teknik Sistem Pembangkit, 13 dari Teknik Informatika dan 13 orang mahasiswa dari program studi Komputer Akuntansi.

“Kita dari pemerintah daerah tentunya berkomitmen untuk membantu mahasiswa yang berperstasi seperti yang mendapat prediket cumlaude di Politeknik ini. Kami juga sudah minta ke pihak Politeknik untuk membuat semacam pengajuan kepada dinas pendidikan, bagi lulusan yang berprestasi dan berkeinginan melanjutkan kuliahnya,” ujar Plt Sekda, ditemui usai menghadiri pelaksanaan wisuda.

Masih kata Arianto, sebagaimana harapan dan visi Kabupaten Bengkalis, untuk menjadikan Bengkalis model negeri maju dan makmur di Indonesia, tentu sumber daya manusia yang berkualitas sangat dibutuhkan.

“Dengan demikian, kita yakin sekali kalau Pulau Bengkalis akan mampu manjadi salah satu pusat Pendidikan di garda terdepan yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Insya Allah, pemerintah daerah siap mensupport dunia pendidikan Kabupaten Bengkalis,” tutupnya.

Sebelumnya saat membacakan sambutan tertulis Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, Plt Sekda mengingatkan para wisaudawan untuk tidak merasa puas dengan apa yang sudah diraih. Akan tetapi dituntut untuk terus belajar dan menambah ilmu pengetahuan sepanjang massa.

Sementara itu Direktur Politeknik Negeri Bengkalis, Ir H Muhammad Milchan MT mengatakan, wisuda ke 13 kali ini terasa istimewa karena bersamaan dengan dies natalis Polbeng ke 15. Diakui, menjadi seorang PNS masih menjadi impian bagi para lulusan.

Paradigma tersebut kata Mulchan sejatinya harus berubah. Jika semua lulusan terfokus bagaimana menjadi seorang PNS, lalu siapa yang akan mengelola sumber daya alam yang sangat besar ini. “Para wisudawan harus berfikir kreatif dan inovatif. Bukan lagi bagaimana bisa bertahan pada kondisi atau keadaan saat ini, tapi harus berfikir bagaimana bisa menciptakan lapangan kerja dan bersama-sama memakmurkan daerah, menjadi penggerak pasar,”ujar Milchan.

Sebelum itu, Direktur Bandung Tachno Park, Jangkung Raharjo juga menyampaikan orasi ilmiyah, tentang konsep pembangunan Techno Park di kawasan perbatasan. Sementara staf ahli menteri Pendidikan Riset, Agus Puji menyampaikan beberapa hal tentang potensi sumber daya alam Bengkalis dan kaitannya dengan Politeknik yang ada. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *