Polres Pelalawan Siaga Gelar Operasi Cipta Kondisi

pelalawanPELALAWAN — Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2016, Polisi Resort (Polres) Pelalawan terus meningkatkan kewaspadaan dengan menggelar operasi cipta kondisi, guna menekan angka pelanggaran dan tindak pidana.

Operasi cipta kondisi langsung dipimpin Kanit Patroli Satlantas Polres Pelalawan Ipda O Samosir bersama tim gabungan dari Polisi Lalulintas (Polantas) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pelalawan di Persimpangan Jalan Lintas Timur-Arya Guna depan Mapolres Pelalawan, Jumat (18/12) sore lalu.

Dalam operasi, satu persatu kenderaan baik dari arah Pekanbaru maupun sebaliknya dihentikan petugas gabungan baik roda dua, angkutan barang dan penumpang, serta kenderaan pribadi tidak luput dari pemeriksaan. Baik dokumen kenderaan berupa SIM, STNK, hingga buku kir.

Petugas gabungan yang menghentikan kendaraan, langsung memeriksa dengan teliti dokumen yang dibawa pengemudinya, apa masih berlalu atau tidak. Serta petugas juga mengecek kelayakan kenderaan tersebut baik angkutan barang maupun penumpang. menjelang natal dan tahun baru.

Pantauan dilapangan, terlihat banyak kendaraan pribadi tidak mengantongi SIM, sedangkan kendaraan angkutan barang dan penumpang plat nomor sudah mati dan tidak membayar pajak kenderaan terjaring operasi, serta buku kir tidak berlaku. Sehingga. petugas mengambil sikap tegas dengan memberkan tilang.

Ketika dikonfirmasi Minggu (20/11) kemarin, Kapolres Pelalawan AKBP Ade Johan Sinaga SIK MHum melalui Kasat Lantas AKP Rachmad C Yusuf SIK mengatakan, bahwa pihaknya dari Satlantas mengajak bersama-sama Dinas Perhubungan turun melakukan operasi cipta kondisi menjelang digelarnya operasi lilin.”Kita laksanakan operasi Cipkon secara rutin, sebelum melaksanakan operasi Lilin. Tapi kali ini kita libatkan Dishub,” ujar Kasat Lantas.

AKP Rachmad mengatakan, dalam operasi tersebut, bukan saja sanksi tilang bagi melakukan pelanggaran berat, tapi juga teguran terhadap pengunja jalan raya, dengan harapan dapat menekan angka kecelakaan lalulintas di jalan raya, terutama di
wilayah kabupaten pelalawan.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *