PT Wilmar Olah 10 Ribu Ton CPO Perhari

riaugreen_Wilmar-Group-Perkenalkan-Hasil-Produksi-di-Dumai-Expo-2016-DUMAI– Dumai memang dikenal dengan banyaknya perusahaan pengolahan Crude Palm Oil (CPO). Salah satu perusahaan besar yang mengolah CPO menjadi bahan baku yakni PT Wilmar. Dalam satu hari PT Wilmar mengolah sebanyak 10 ribu CPO yang akan diolah menjadi minyak makan atau yang lainnya. Hal itu dikatakan Genaral Manager PT Wilmar Tenang Sembering beberapa waktu lalu.

”Kebutuhan CPO untuk perusahaan pengelohan CPO di dumai ini ada sekitar 50 ton perhari , wilmar membutuhkan 10 ribu ton perharrnya yang akan diolah,” terang Tenang Sembering.

Kebutuhan CPO di Kota Dumai memang cukup tinggi, bahkan jika pertahunnya ada sekitar 15 juta ton untuk wilmar saja, dari itu enam juta ton didapat dari dumai dan riau sekitarnya. Sementara 9 juta tonnya dari luar daerah seperti Kalbar dan Jambi.

”Ini yang menjadi PR kita bersama bagaimana riau khusunya Dumai memenuhi kebutuhan CPO tersebut, apalagi saat ini dikalbar dan Jambi sudah banyak perusahaan pengolahaan CPO, jadi jika mereka tidak mau menjual CPO keperusahaan yang ada di di Dumai akan berdampak, terutama terhadap tenaga kerja,” terangnya,

Karena jika tidak ada CPO yang mau diolah, pabrik pasti tidak jalan, kalau pabrik tidak jalan otomasi pekerjaan tidak jalan begitu juga tenaga kerja tidak digunakan lagi. ”Jadi ini harus menjadi perhatian semuanya, baik perusahaan maupun pemerintah,” terangnya.

Untuk itu, ia berharap proyek-proyek nasional yang sudah direncanakan dibangun DiDumai harus disegerakan, karena apapun itu akan berdampak terhadap perkembangan perusahaan pengelohan CPO di Dumai. ”Semua pasti berharap pertumbuhan ekonomi dikomiti sawit ini berkembangan sehingga membawa masyarakat lebih sejahtera lagi,” tutupnya. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *