RAT KOPERASI SD Dumai Timur Wako: Kedepan Makin Berkembang

7 pelaku kekerasan di amankan -foto anggaDUMAI — Walikota Dumai, Drs H Zulkifli AS MSi secara resmi membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2015 ke-30 Koperasi Pegawai (KP RI) Guru-guru Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Dumai Timur pada Sabtu (26/3) di Gedung LAMR Kota Dumai.

Selain Wako, juga hadir Kabid Koperasi Komman Silalahi, Sekretaris Dinas Pendidikan Drs H Ridwan, Ketua KP RI Guru SD Kecamatan Dumai Timur Drs H Effendi dan segenap jajaran pengurus, Badan Pengawas Koperasi serta ratusan anggota koperasi.Walikota Dumai menyampaikan apresiasi atas terlaksananya RAT Koperasi Guru SD se-Kecamatan Dumai Timur sebagai bentuk pertanggung jawaban pengurus.

”Koperasi ini milik kita semua, jadi RAT menunjukkan bawah koperasi tersebut sehat karena banyak sekali koperasi justru tidak menggelar RAT. Maknanya, pengurus KP RI Guru SD Kecamatan Dumai Timur amanah dan berupaya memberikan yang terbaik bagi kesejahteraan anggotanya. Untuk itu, saya ucapkan terimakasih dan berharap kedepan koperasi ini terus berkembang,” ujarnya.

Zulkifli AS menambahkan agar anggota dapat memanfaatkan RAT sebaik mungkin dan senantiasa menjalin hubungan harmonis dan kebersamaan antar sesama anggota juga pengurus sehingga terjamin kelanggengan koperasi.Ketua KP RI Guru SD Kecamatan Dumai Timur, Drs Effendi mengatakan tujuan RAT guna mempertanggungjawabkan keuangan serta penyampaian program pengurus.

”Saya berharap kedepan koperasi ini semakin berkembang dan anggotanya terus bertambah setiap tahun. Mudah-mudahan berkat kebersamaan dan kepercayaan maka koperasi ini terus maju  dan mencapai kesejahteraan,” harap Effendi.

Ketua pelaksana RAT Muhammad Nur menjelaskan saat ini jumlah anggota koperasi sebanyak 738 orang dengan usaha simpan pinjam. Untuk kepengurusan tahun 2014-2018 dengan Ketua I Drs H Effendi, Ketua II M Nur, Sekretaris I H Abdullah SPd, Sekretaris II Amir Syarifuddin SPd dan Bendahara Samsuar SPd. Badan Pengawas yakni H Ismail Syahdan, Elpis SPd dan Suhaimi SPd.Senada itu Kabid Koperasi, Komman Silalahi menyampaikan sebagaimana UU Perkoperasian Nomor 25 tahun 1992 bahwa pengurus koperasi wajib melaksanakan RAT dalam rangka pertanggungjawaban pada satu tahun lampau. Koperasi sebagai wadah dimana pemilik, pengelola dan pemanfaatnya adalah anggota itu sendiri sehingga memiliki hak yang sama terhadap aktifitas koperasi.

”RAT sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi, dan saya berharap kedepan koperasi ini dapat mencapai kesejahteraan. Bukan saja sebatas simpan pinjam melainkan mengembangkan sektor riil lainnya. Untuk Kota Dumai, baru koperasi ini saja yang memiliki asset melebihi sehingga perlu ada pengembangan mungkin dengan melihat peluang pada sektor riil lainnya,” kata Komman Silalahi.Disamping laporan pertanggung jawaban tahun buku 31 Desember 2015, RAT juga menyediakan berbagai doorprize bagi anggota seperti kulkas, mesin cuci, kipas angin dan lainnya.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *