Rohil Kembangkan Produksi Sepatu Lokal

yatnoBAGANSIAPIAPI— Bupati Rokan Hilir, H Suyatno mengajak segenap jajarannya untuk dapat berpikir kreatif sekaligus bekerja maksimal guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari berbagai sektor yang ada.

Pengurangan Dana Bagi Hasil (DBH) yang terjadi di Rohil pada tahun ini memang dinilai memprihatinkan karena mengakibatkan alokasi anggaran di daerah menjadi terpangkas hampir separuhnya.

Salah satu potensi lokal yang dapat dikembangkan menurut bupati adalah pembuatan sepatu minimal untuk memenuhi kebutuhan bagi pelajar mulai dari tingkat SD hingga SMA se-kabupaten Rohil.

“Pemkab pastinya akan mendukung kegiatan usaha pembuatan sepatu tersebut. Kalau perlu bukan hanya usaha di keluarga saja tapi dibangun pabrik sepatu di Rohil ini, bayangkan berapa pemasukan PAD bagi daerah kita,” kata Suyatno, di Bagansiapiapi.

Bupati menerangkan jumlah pelajar di Rohil mencapai ratusan ribu, setiap tahunnya dilakukan penerimaan siswa baru. Bila ada usaha pembuatan sepatu itu di daerah maka bisa diarahkan agar sepatu tersebut dibeli dari pusat kerajinan atau sentra usaha tempatan saja.

“Disamping ada PAD bagi daerah, perlengkapan para pelajar kita dapat terpenuhi tentunya hal itu juga dapat mengurangi angka pengangguran karena otomatis dengan adanya lapangan pekerjaan akan direkrut tenaga kerja yang berpotensi di bidang itu,” kata Suyatno.

Bupati mengatakan jika perlu pemkab memfasilitasi untuk pelatihan pembuatan sepatu dengan melibatkan produsen sepatu dari Cibaduyut, Bandung. “Adakan pelatihannya di sini, berapa lama pelatihannya ditentukan kemudian ditindaklanjuti dengan usaha pembuatan sepatunya,” kata bupati. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *